Notification

×

Iklan

Iklan

ORIENTASI DPRD MANADO PERIODE 2019-2024 BERAKHIR. AD APRESIASI PEMATERI DAN ANGGOTA DEWAN

Sabtu, 14 September 2019 | 23:19 WIB Last Updated 2019-09-14T17:49:06Z
AALTJE DONDOKAMBEY
MANADO KOMENTAR-Pelaksanaan Orientasi 40 Anggota DPRD Manado periode 2019-2024, Sabtu (14/09/2019), secara resmi ditutup.

Selanjutnya ke-40 Anggota DPRD Manado, akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu peresmian Tiga Pimpinan Dewan yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Senin (16/09/2019) bertempat di Ruang rapat paripurna kantor DPRD Manado.

Menurut Ketua DPRD Manado Dra. AAltje Dondokambey, DPRD secara kelembagaan telah menyelesaikan satu agenda penting yaitu Orientasi.

”Saya yakin, seluruh Anggota DPRD telah mendapat pemahaman dan pengetahuan mengenai tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, terutama fungsi Legislasi, Anggaran dan Pengawasan,”kata Dondokambey disela-sela penutupan Orintasi DPRD Manado.

Selain itu kata Dondokambey, yang tidak kalah menarik adalah materi di hari terakhir dimana pamateri memaparkan tentang system pemerintahan dan pengelolaan keuangan daerah, termasuk tata cara pembahasan APBD maupun APBD-P.
” Jadi sangat jelas, bahwa tujuan pengelolaan keuangan daerah adalah, mempertajam esensi penyelenggaraan pemerintah daerah dalam kontek pengelolaan keuangan daearh,”jelas AD.
Lanjut dikatakan AD, memperjelas distribusi kewenangan, dan memperjelas derajat pertanggungjawaban pada level penyelenggaraan pemerintaha daerah di bidang pengelolaan keuangan, adalah bagian yang perlu dipahami oleh DPRD, sebagaimana disampaikan pemateri terakhir.

Pada bagian lain, AD juga tertarik dengan adanya materi yang dipaparkan dalam orientasi tersebut yaitu, dinamika kelompok, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Kepemimpinan serta Etika Pemerintahan dengan Narasumber yang berkualitas.

“Luar biasa, dihari terakhir orientasi, kami juga mendapat pemeparan, mengenai  Kedudukan DPRD dalam konstitusi negara yang diatur dalam pasal 18 ayat 3 UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012,  dimana tugas-tugas DPRD sangat luas dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan. Semua pemateri dari awal dan pemateri terakhir sangat komunikatif. Apalagi semua yang disampaikan pemateri sangat mudah dimengerti. Sebagai Ketua DPRD Sementara, saya menyampaikan apresiasi kepada semua pemateri. Terima kasih juga atas keikutsertaan semua anggota DPRD Manado,”tandasnya.(Jose)


×
Berita Terbaru Update