KPH LINDUNG UNIT VI BERHASIL PADAMKAN 7 TITIK KARHUTLA

KPH LINDUNG UNIT VI BERHASIL PADAMKAN 7 TITIK KARHUTLA

Senin, 19 Agustus 2019



Ka. UPT KPHL VI Rainier Dondokambey, S.Hut (tengah), 

MINUT KOMENTAR.  Penanganan kabakaran hutan dan lahan di wilayah
UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Unit VI, (Minut, Bitung, Manado) di 7 titik kebakaran berhasil dipadamkan atas kerja sama semua pihak; UPT Dishut, Polisi, TNI AD, Pemerintah dan masyarakat sekitar lokasi kebakaran.

Menurut Rainier Dondokambey, S.Hut, Kepala UPTD KPHL Unit VI, Dinas Kehutanan Propinsi Sulut mengatakan, peristiwa Karhutlah terakhir di Tj. Pulisan Likupang pada Pukul 16'00 (4 sore) Tanggal (17 /8-2019).

Karhutlah pertma terjadi Tanggal 4 Agustus lalu dan terakhir Tanggal 17 sore, jelang upacara penurunan bendera Merah Putih dalam memperingati HUT RI ke 74. Jadi total ada 7 titik kebakaran di wilayah kerja UPT KPH Lindung Unit VI.

Rainier, sangat berterima kasih kepada Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Sulut, telah meminjamkan Satu Unit mobil Slipon Manggala Agni berkapasitas 850 liter air untuk maksimalkan pemadaman kebakaran hutan & lahan.

Keberhasilan memadamkan api berkat kerja keras Tiem Polhut baik Sektor Manado - Minut maupun Sektor Bitung, secara rutin melakukan patroli pemantauan titik rawan kebakaran. Dari hasil temuan lapangan, umumnya penyebab kebakaran karena aktifitas pembukaan lahan perkebunan pertanian yang ada dekat kawasan hutan.

Plihaknya telah keluarkan edaran No. 522/137/KPHL-VI/VIII/2019, Tanggal 12 Agustus 2019 kepada Hukum tua/Lurah dan Camat, tentang Pengelolaan dan Penaggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan yang ditandatangai langsung Rainier Dondokambey, S.Hut. selaku Kepala KPHL -VI.

Titik kebakaran tersebar di Minahasa Utara, yaitu; Kompleks Kaki Dian , berjarak 10 - 200 mtr dari Hutan Lindung G. Klabat.  Kemudian kompleks perkantoran Damkar Minut berbatasan HL. Dan Hutan Kota Talise Desa Kolongan dan Tj. Pulisan Likupang.  Di Kota Bitung  kebakaran di kopleks TWA Tangkoko dengan Total keseluruhan 120 Ha yang terbakar.

Polhut siap dengan Jetsutter pemadam api

Pihaknya hingga saat ini tetap waspada dan stanby bersama Pemda ( Damkar, BPBD), TNI , Polri dengan dukungan peralatan 1 Unit Mobil Slipon Manggala Agni berkapasitas 850 Ltr., Jetsutter, gebyok, Genset tarik, dan perlengkapan petugas pemadam kebakaran lainnya.

Personil Polhut yang disiagakan sebanyak 11 Polhut PNS dan 12 THL Total 23 personil mengawasi hutan di Kota Manado, Minut dan Bitung

Ditamabhkan Rainier, sesuai arahan Presiden lewat Permendagri, dimana pemda siapkan fasilitas penanganan karhutlah.  Melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkat dampak Karhutlah bagi lingkungan dan kesehatan.(jansen)