Headlines News :
Home » , » PEMKOT MANADO, GELAR PESTA ADAT TULUDE

PEMKOT MANADO, GELAR PESTA ADAT TULUDE

Written By Master Komentar on Kamis, 14 Februari 2019 | 20:00


MANADO KOMENTAR-Pemerintah Kota Manado, Kamis (14/02/2019), menggelar pesta adat Tulude, bertempat di lapangan Sparta tikala Manado.

Pelaksanaan pesta ada Tulude, budaya adat Nusa Utara, yang digelar Pemkot Manado tahun 2019 ini menjadi istimewa, karena dilaksanakan tepat di hari Valentin atau hari kasih sayang dan peristiwa heroik merah putih.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pelaksanaan Tulude tahun ini digelar tanggal 14 bulan Februari 2019 hari ini. Tapi juga hari ini kita mengenang peristiwa merah-putih yang terjadi di Manado, tepatnya di Teling tahun 1946, tapi juga hari ini ada yang merayakan sebagai hari kasih sayang,” ujar Walikota Manado Pnt, DR. Ir. GS Vicky Lumentut. SH. M.Si. dea (GSVL) dalam sambutannya di pesta ada Tulude Kota Manado.

“Momentum perayaan Tulude kali ini, mari kita terus memperkuat NKRI yang dilandasi dengan ‘baku-baku bae, baku-baku sayang’ antar kita sesama warga Manado. Dan saya mengajak warga Manado asal Nusa Utara, untuk terus mengisi pembangunan Kota Manado ini,” kata Walikota GSVL..



Sebelumnya, Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Talaud (IKIST) Sulut Prof Dr Orbanus Naharia MSi memberi apresiasi kepada GSVL-Mor yang telah menjadikan pesta ada Tulude sebagai agenda tahunan.

“Terima kasih pak Walikota, denga dijadikannya Tulude ini sebagai agenda tahunan, itu berarti Pemkot Manado di bawah pimpinan GSVL-Mor, memberikan tempat yang istimewa bagi adat dan budaya Nusa Utara,” ucap Naharia.

Dalam rangkaian pesta ada Tulude ini juga dilakukan doa berantai yang dilakukan para tokoh antar agama di Kota Manado, yang menunjukkan bahwa Kota Manado yang kini menjadi kota doa juga sebagai kota toleran yang plural.

Kemudian dilengkapi dengan berbagai atraksi budaya hingga hiburan. Antara lain diisi dengan grup music Qasidah, Barongsai, Vokal Grup Gereja, Koor, hingga tarian khas Nusa Utara yakni Masamper. Bahkan GSVL-Mor ikut berbaur bersama warga ber-Masampar.

Hadir mendampingi Walikota GSVL, Wakil Walikota Mor  D, Bastian .SE, Ketua TP-PKK Manado Prof DR Julyeta Lumentut-Runtuwene MS dan Imelda Bastiaan-Markus SE.Ak, serta para tokoh Nusa Utara dan undangan lainnya.(jose)


Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google