Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Lynda Wantania Hadiri Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

Selasa, 30 Mei 2023 | 08:56 WIB Last Updated 2023-05-30T07:25:14Z


MINAHASA KOMENTAR -
Mewakili Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si,(ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si, MM, (RD) Sekda Lynda Wantania MM Msi, menghadiri penilaian kinerja 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting, Senin, (29/5/2023) di the Hotel Sentra Minahasa Utara.


Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan di buka langsung oleh Wakil Gubernur Sulut Steven O. E Kandouw, sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting di Sulawesi Utara pada tahun 2022.


Sebagai informasi, 8 aksi konvergensi merupakan instrumen dalam bentuk kegiatan untuk meningkatkan intervensi percepatan penurunan stunting terintegrasi oleh para pelaku di tingkat daerah secara sistematis terintegrasi dan berkelanjutan.


Sekda Lynda Wantania dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa dalam peraturan Presiden RI no 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting telah ditetapkan strategi nasional percepatan penurunan stunting berupa 5 pilar yaitu, peningkatan komitmen kepemimpinan, peningkatan komunikasi perubahan perilaku, peningkatan konvergensi, peningkatan ketahanan pangan dan gizi, penguatan dan pengembangan sistem.


"Sesuai dengan amanat Perpres 72 tahun 2021 salah satu peran Provinsi dalam upaya percepatan penanganan dan penurunan stunting adalah menyelenggarakan penilaian kinerja Kabupaten/Kota pada pelaksanaan aksi 1 sampai dengan aksi 8," kata sekda Watania.


Adapun 8 Aksi konvergensi stunting tersebut sebagai berikut : 

Aksi 1 - Analisis Situasi.

Aksi 2 - Rencana Kegiatan.

Aksi 3 - Rembuk Stunting

Aksi 4 - Peraturan Bupati/Walikota tentang Peran Desa.

Aksi 5 - Pembinaan Kader Pembangunan Manusia.

Aksi 6 - Sistem Manajemen Data Stunting 

Aksi 7 - Pengukuran dan Publikasi Stunting 

Akai 8 - Reviu Kinerja Tahunan. (nes)





 

×
Berita Terbaru Update