Notification

×

Iklan

Iklan

Pdt. Theo Tawaris: Ingat...Katekisasi Bukan Sekadar Program

Rabu, 18 Mei 2022 | 10:18 WIB Last Updated 2022-05-18T02:20:47Z

Pdt. Theo Tawaris M.Th
MANADO KOMENTAR-Kegiatan Katekisasi tahap III khusus Pelsus dan Guru Agama se-Wilayah Mapanget Satu, mendapat perhatian khusus Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Mapanget Satau Pdt. Theo Tawaris. M.Th. 


Dijelaskan Pdt. Theo Tawaris, pada dasarnya Katekisasi Pelsus tahap 1 sampai 3 adalah Program Sinode GMIM dalam rangka untuk mempersiapkan serta memperlengkapi Para Pelayan Khusus (Pelsus) dalam pelayanan sebagaimana yang dilakukan Rasul Paulus dalam kitab Epesus pasal 4 : 11 dan 12, dimana didalamnya melekat sebuah tanggung jawab dan pemberian diri dalam pelayanan untuk satu perode.



“Saya berharap Pelayan Khusus (Pelsus) mampu memberi diri, melayani di Jemaat masing-masing. Tuhan sudah memberkati semua Pelsus. Jadi Pelsus juga harus menjadi berkat bagi Jemaat, memberi diri dengan tulus tanpa mengharapkan upah, karena upah Pelsus adalah melayani. Tuhan memberikan kesempatan kepada kita untuk melayani, itulah upah untuk kita,”ungkap Pendeta yang dikenal low profile ini.



Kendati begitu kata kata Pdt. Tawaris, Katekisasi tidak hanya sebatas program yang harus diikutu, tetapi lebih kepada pendalaman pelayanan, dan hal itu tidak hanya untuk Penatua atau Diaken tetapi secara keseluruhan para Pendeta juga perlu ada pendalaman ekstra karena perkembangan theologia semakin hari semakin berkembang.



“Banyak para hamba Tuhan meski tidak mengikuti pendidikan formal di sebuah perguruan tinggi setaraf tehologia, mereka mampu menjabarkan ayat demi ayat dalam Alkitab untuk memberikan pemahaman rohani kepada jemaat. Jadi para Pendeta tidak boleh ketinggalan untuk terus belajar. Saya ingin agar katekisasi tidak hanya menjadi sebagai program saja, tapi jadikan katekisasi sebagai bagian dari diskusi pendalamam iman untuk kemuliaan nama Tuhan,”kata Pdt, Theo disela sela pelaksanaan Katekisasi khusus Pelsus dan guru agama tahap III di Atrium Grand Kawanua City Walk Kaywatu Manado beberapa waktu lalu.




 Berikut ini Profiel Pdt. Theo Tawaris. M.Th.

Pdt. Theo Tawaris MTh, lahir di Manado pada tanggal 25 Agustus 1963. Awal pelayanan tahun 1989 sebagai Vicaris Pdt. Ketua BPMJ GMIM  Solagratia Tongkeina. Wilayah Manado Utara 4. 



Lalau pada tahun1993, Pdt. Theo Tawarisdiangkat sebagai Tenaga Utusan Gereja di GKE Palangkaraya. Pada tahun 1998 dipercayakan menjadi Ketua BPMJ Eben Haezar Kakenturan Wilayah Modoinding. 



Tidak sampai disitu, Pdt. Theo lalu dipindhkan ke Gmim Pniel Kairagi 1  Wil. Manado Timur 3 pada tahun 2002. Tiga tahun kemudian tepatnya tahun 2005, Pdt. Theo lalu diangkat sebagai Ketua BPMJ Baitani Tambun Talise Wilayah Gabata sekaligus terpilih sebagai Ketua BPMW. 



Tahun 2011 pindah ke Likupang tepatnya Gmim Baitani Winuri juga terpilih sebagai Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Likupang Dua.



Tahun 2014, Pdt, Theo Tawaris pindah ke Manado tepatnya di Gmim Kalvari Parigi 7 Wilayah Mawakom sebagai Ketua BPMJ. Lalu di tahun 2020 pindah lagi ke Jemaat Rondor Paniki Bawah sebagai Ketua BPMJ, sekaligus terpilih sebagai Ketua BPMW  Mapanget Satu sampai sekarang dan sempat masuk nominator BPMS untuk periode yang sedang berjalan.


Joppy Senduk

×
Berita Terbaru Update