Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkot Bitung Bakal Kembali Gelar Festival Tuna 2021

Senin, 28 Juni 2021 | 19:52 WIB Last Updated 2021-06-28T13:08:52Z

BITUNG KOMENTAR-Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali akan menggelar Bitung Tuna Fest 2021.


Namun kali ini festival akan tampak berbeda dari tahun sebelumnya karena pandemi virus corona masih terus memengaruhi Kota Bitung. 


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung Pingkan Kapoh saat gelar kegiatan Prees Conference yang dipaksanakan di Kantor Pusat Pemasaran dan Promosi Hasil Perikanan, Kelurahan Wangurer TimurnKecamatan Madidir, Kota Bitung, Senin (28/6/2021).


Pingkan Memaparkan, rencana kegiatan Tuna Festival yang akan dilaksanakan pada 9 Juli 2021 nanti. Gimana cara menggerak pariwisata Kota Bitung untuk bisa maju ditengah pandemi covid-19.  


"Acara ini bukti kami di Pemerintahan tidak berdiam diri saat pandemi. Kami tetap berikan ruang untuk para pelaku usaha bidang kuliner untuk terus berekspresi, dan kita tetap pertahankan festival tuna ini tetap ada dalam kalender event pariwisata," kata Pingkan Kapoh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bitung. 



Sementara disampaikan Staf Khusus Bidang Pengembangan Koprasi dan UMKM Angga Aldy Londong, bahwa saat ini sudah ada 10 pelaku UMKM yang mendaftar dalam lomba Bitung Tuna Fest 2021, dan dari 10 pendaftar ini ada yang lebih produk tuna nya dalam bentuk kemasan siap diperlombakan, dan untuk peserta lomba kuliner sementara didata oleh panitia Bitung Tuna Fest 2021.



"Target kita 100 kemasan produk tuna seperti, kripik tuna, abon tuna, ampla tuna dan lain-lain yang akan dijual lewat sistem online melalui Media Sosial Instagram Bitung Tuna Fest 2021 dari rumah dinas Walikota Bitung," papar Londong.



Lanjut Londong, produk UMKM Kota Bitung harus terus di tingkatkan meskipun masih dalam dilanda pandemi covid-19. Hal itu merupakan kunci pemulihan ekonomi


"Dalam event ini kita mengubah pola pikir pelaku UMKM bahwa Kota Bitung tidak hanya menyajikan ikan tuna dalam bentuk mentah saja, tapi potensi ikan tuna di Kota Bitung itu besar. Bisa dikelolah dijadikan oleh-oleh agar perekonomian UMKM lebih berkembang," katanya.


Senada disampaikan, Yos Amerta Staf Khusus Bidang Pengembangan Kepariwisataan, Bitung Tuna Fest 2021 ini konveksiknya cukup bagus terutama untuk mendapatkan wisatawan baik yang spontan dan non spontan


"Nah, adanya kegiatan ini minimal bisa mendatangkan wisatawan yang spontan atau tidak mempunyai rencanana. Bitung Tuna Fest 2021 adalah usaha yang sangat baik untuk memperkenalkan Kota Bitung sebagai Kota Perikanan khususnya tuna," ujar Amerta.

×
Berita Terbaru Update