Notification

×

Iklan

Iklan

ASTAGA!! TERNYATA MJL DUM MOBIL ALPHARD DAN KOLEKSI ENAM MOBNAS, INI FAKTANYA

Jumat, 25 September 2020 | 15:59 WIB Last Updated 2020-10-03T10:13:08Z

BITUNG KOMENTAR-Ada yang menarik dalam penyerahan aset dan mobil dinas (Mobnas) dari Wali Kota Bitung, Max J Lomban dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri.

Pasalnya, kedua petahana yang telah ditetapkan KPU Kota Bitung sebagai peserta dalam kontestasi Pilkada Bitung 2020 ini, telah menyerahkan seluruh aset dinas selama masa cuti kampanye.

Dalam penyerahan aset dinas itu, Max J ternyata telah melakukan dum (lelang terbatas, red) mobnas jenis Alphard pada tahun 2017 silam.

Anehnya, jika selama periode MJL sapaan akrab Lomban telah berhasil mendum beberapa mobnas. Hal ini nampaknya tidak berlaku pada Wakil Wali Kota, Maurits Mantiri yang selama periode tidak satu pun mendapatkan mobnas dari lelang terbatas atau dum.

Bahkan dikabarkan, meski sudah berulang kali mengusulkan untuk mendum salah satu mobnas yang dipakainya. Usulan tersebut tak pernah disetujui atau diiyakan oleh Wali Kota MJL.

Padahal mobnas (jenis Fortuner, red) yang diiusulkan Maurits Mantiri untuk di Dum telah memenuhi kriteria aset dinas yang boleh di dum. Dengan kata lain, mobnas jenis Fortuner tersebut telah lewat masa pemakaian lima tahun.

Namun, entah apa yang ada difikiran MJL sebagai pemegang "tahta kekuasaan". Keinginan Maurits tak pernah dindahkan atau di acc untuk dimiliki Om Kumis sapaan akrab Maurits.

Jika dalam pemberitaan sejumlah media mengatakan Maurits lebih banyak menggunakan mobnas dibandingkan MJL. Ternyata keliru dan sangat mengada-ada bahkan diduga MJL "Putar Bale" dengan kata lain apa yang disampaikan disinyalir tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Usut punya usut, lima mobil dinas yang digunakan Maurits untuk menunjang pekerjaannya sebagai wakil wali kota semunya dikembalikan dan diserahkan langsung ke Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, termasuk mobnas untuk istrinya serta mobil untuk membantu urusan rumah tangga.

Mobnas yang dikembalikan Maurits yakni, Toyota Fortuner dan Innova DB 2 C, Toyota Altis DB 1058 C, pick up Carry DB 8067 C, dua unit ertiga DB 1051 C dan DB 1641C serta Toyota Avansa DB 1545 C., serta kunci rumah dinas.

Berbeda dengan MJL, jika diberitakan hanya memakai dan mengembalikan tiga mobil dinas yakni, Toyota Innova DB 1120 C (DB 2 C), Toyota Camry DB 1067 C serta Honda Civic DB 25 C dan kunci rumah dinas.

Ternyata setelah ditelusuri, MJL memiliki total enam buah mobil dinas untuk menunjang kerjanya sebagai wali kota. Hanya saja mobil dinas lainnya tidak disertakan atau diungkit dalam penyerahan aset secara langsung. Melainkan hanya ditaruh di rumah dinas wali kota.

Kabag Umum Pemkot Bitung, Theo Rorong saat dikonfirmasi media ini membeberkan jika MJL telah men dum mobil Alphard dan memiliki enam jenis mobnas. Namun ditanya lebih jauh berapa jumlah mobnas yang sudah di dum MJL dan Maurits. Theo tidak mengetahui pasti.

"Mobnas yang sudah di dum pak Wali itu mobil Alphard. Kalau tidak salah di dum pada 2017 lalu. Soalnya dari aset yang proses itu. Untuk pak wakil saya dengar sudah proses dum. Lebih jelasnya coba tanya Kabag keuangan. Kalau berapa jumlah mobnas yang sudah di dum coba minta data di bagian keuangan," kata Theo, Via WhatsApp, Jumat (24/09/2020).

Theo juga menuturkan, selain tiga mobnas yang sudah diserahkan langsung MJL. Ada juga kata Theo, tiga mobnas lainnya yang terparkir di rumah dinas wali kota. Dimana kata dia, saat penyerahan mobnas-mobnas tersebut tidak di bawah ke kantor.

"Ada juga 1 pick up 1 avansa 1 ertiga. Semuanya parkir di rudis. Untuk kuncinya sudah di bagian umum samua. Waktu penyerahan tidak dibawa ke kantor. Melainkan langsung parkir di rudis walikota. Kendaraan ini juga yang di perbantukan sebagai operasional walikota dan juga wakil termasuk untuk urusan rumah tangga,' beber Theo.

Sementara itu, Kaban Keuangan Pemkot Bitung, Albert Sarese saat dikonfirmasi terkait berapa jumlah mobnas yang sudah di dum oleh MJL dan Maurits selama periode. Dia mengatakan tidak hafal.

"Selamat siang, Kita nda hafal nooo, coba kontak jo dgn kita pe Kabid Aset, tks," jawab Sarese Via WhatsApp sembari menyertakan nomor kontak Kabid Aset.

Sayangnya Kabid Aset, David Raung saat dihubungi media ini tidak mendapatkan respon dari yang bersangkutan.

Dilansir dari www.xmanadonews.com


×
Berita Terbaru Update