Notification

×

Iklan

Iklan

TUTUP OSN TAHUN 2019, MUHADJIR, SEMUA PESERTA ADALAH JUARA

Jumat, 05 Juli 2019 | 21:49 WIB Last Updated 2019-09-15T15:53:57Z


MANADO KOMENTAR.  Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 Tahun 2019 resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

Mendikbud menegaskan bahwa semua peserta yang hadir di OSN mewakili daerahnya adalah juara. Karena setiap peserta merupakan hasil seleksi berjenjang dari tingkat sekolah hingga provinsi.

Para peserta diingatkan bahwa tidak ada satupun negara di dunia ini menjadi negara maju tanpa didukung saintis yang andal.  "Taruhannya adalah kerja keras dan kesungguhan Anda semua di masa depan," tutur Mendikbud.

 "Perjalanan kalian masih panjang untuk menahbiskan diri, apakah nantinya betul-betul akan menjadi saintis, menjadi ilmuwan yang memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan bangsa dan negara," katanya.

Kedepan , menurut Muhadjir, Standar Nasional Pendidikan akan diarahkan untuk mendorong 5C. Yakni creative thinking (berpikir kreatif), creativity (kreativitas), collaboration (kolaborasi), communication (komunikasi), dan confidence (percaya diri).

Ditambahkannya, bahwa semangat berkompetisi juga harus diimbangi dengan semangat untuk kolaborasi atau bekerja sama. "Tidak boleh menitikberatkan pada salah satunya saja," ujar Mendikbud.

OSN ke-19 Tahun 2020 direncanakan akan diselenggarakan di Provinsi Bangka Belitung. Usai menutup OSN, secara simbolis, Mendikbud menyerahkan panji OSN kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, M. Soleh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Utara, Edwin Silangen menyampaikan apresiasi yang tinggi dan tulus atas kepercayaan Kemendikbud penyelenggara OSN tingkat SMA/MA Tahun 2019.

Sekda Sulawesi Utara berpesan kepada peserta, untuk menjaga semangat belajar dan meningkatkan prestasi tingkat internasional. Disampaikannya pesan Gubernur agar para perwakilan daerah yang hadir di Sulawesi Utara dapat menyebarkan semangat untuk menjaga toleransi dan kerukunan antarwarga dan antarumat.

"Mari kita junjung tinggi semangat saling menjaga, semangat saling menghormati, serta tetap berpandangan bahwa perbedaan adalah bagian dari warna yang indah yang dikaruniakan Tuhan kepada kita," pesan Sekda Edwin.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara, Grace Punuh melaporkan, selain berkompetisi dalam 9 bidang, para peserta OSN SMA/MA Tahun 2019 berkesempatan melakukan studi wisata di Danau Linouw dan Bukit Doa Mahawu, Tomohon. (Jansen)


×
Berita Terbaru Update