Notification

×

Iklan

Iklan

RELAWAN FKDM, FKSM DAN PMI KEMBALI BERGERAK SEMPROT DISINFEKTAN DAN BAGI MASKER

Kamis, 18 Juni 2020 | 00:17 WIB Last Updated 2020-06-17T16:30:56Z

MANADO KOMENTAR-Para pahlawan covid-19 dari Forum kota sehat Manado (FKSM) bersama Forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) dan Palang merah Indonesia (PMI) Manado, kembali bergerak memasuki sejumlah wilayah di Manado, untuk melanjutkan misi kemanusiaan untuk melindungi warga  kota Manado dengan melakukan penyemprotan disinfektan, bagi-bagi masker serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait cara penanggulangan covid-19.

Misi kemanusiaan kali ini dibagi dalam dua sesi. Pertama dipimpin dr. Neny Tubagus dan Vivi Sumayow dan Pnt. Tommy Sampelan, menyasar Kelurahan Kampung Islam, Mahawu, Jalan Simponi Sumompo dan Kelurahan Tuminting. Lalu setelah istirahat makan, relawan yang kali ini dipimpin dr. Ivone Bentelu dan Pnt.DR Tommy Sumakul, kembali bergerak menuju ke Gereja Gmim Bukit Moria Rike, Kelurahan wanea dan Kelurahan Teling atas.

Warga yang melihat tim relawan melakukan penyemprotan disinfektan dan membagi-bagikan masker menyampaikan ucapan terima kasih, karena mereka meyakini, bahwa dengan adanya penyemprotan disinfektan, akan mengurangi kekawatiran mereka mengenai penyebaran covid-19.

Ketua FKSM Dr. Ivone Bentelu kemudian mengedukasi warga, terkait cara menghadapi covid-19 di masa pandemic, lalu membagikan masker kepada warga yang terlihat tidak menggunakan masker.
Tidak hanya itu, warga pun kemudian menyerbu kendaraan yang memuat tong berisikan disinfektan. Ada yang membawah galon tapi ada juga yang membawah botol mineral untuk diisi disinfektan yang mereka yakini dapat melindungi mereka ketika disemprotkan diruang rumah mereka.

Sementara itu kordinator relawan James Karinda. SH. MH (JK) mengatakan, meskipun relawan telah melakukan penyemprotan disinfektan, masyarakat tetap harus menjalankan pola hidup sehat dan bersih untuk diri sendiri dan keluarga juga mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah serta taat terhadap protokol kesehatan.

“Boleh keluar rumah jika ada hal mendesak, karena pemerintah tidak akan mampu memutus mata rantai penyebaran covid-19, jika tidak didukung oleh masyarakat, Ikuti dulu anjuran pemerintah. Jika kami melakukan ini. Itu karena pemerintah peduli dengan terhadap warganya, karena yang kami lakukan ini, adalah membantu pemerintah untuk melindungi warga kota Manado,”tandas JK.

Meskipun para relawan ikut melakukan penyemprotan, tetapi Tim khusus penyemprot yakni Fredy Munde, Soni, dan Erwin juga ikut bersama rombongan.(jose)

×
Berita Terbaru Update