Notification

×

Iklan

Iklan

Launching 'Bitung Bapilih' KPU Bitung Buka Bukaan Anggaran Pilkada 2020

Kamis, 30 Januari 2020 | 11:58 WIB Last Updated 2020-01-30T04:04:19Z

BITUNG KOMENTAR- Sukses di gelar KPU Kota Bitung, launching tahapan Pilkada 2020 'Bitung Bapilih' berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan beberapa musisi lokal di depan Kantor Walikota Bitung, Rabu (29/01/2020) kemarin sore.

Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw dalam sambutannya menyampaikan, launching ini dilaksanakan dengan harapan agar masyarakat Kota Bitung bisa mengetahui tahapan tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU Kota Bitung kedepan dalam menyambut pesta demokrasi di tahun 2020 tepatnya tanggal 23 September.

"Ada beberapa hal yang perlu patut disampaikan agar masyarakat ketahui, pertama kami berterimakasih kepada Pemerintah Kota Bitung sudah memberikan anggaran sebesar 33 miliard kepada KPU Kota Bitung untuk melaksanakan tahapan pilkada melaksanakan pesta demokrasi yang tentunya bisa dinikmati masyarakat Kota Bitung. Berikutnya kami KPU Kota Bitung bersepakat, anggaran yang ada ini kita akan buka di publik agar supaya masyarakat dan semua stekholder bisa mengawasi terkait anggaran sebesar 33 miliard, dengan anggaran sebesar ini kami akan bekerja semaksimal mungkin setransparan mungkin untuk mewujudkan pesta demokrasi," ujar Deslie.


Sementara Walikota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban dalam sambutanya berharap, semua masyarakat yang tercatat dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) berjumlah hampir 147 ribu untuk bekerja sama sama dan sama sama bekerja agar supaya mereka datang pada saatnya nanti berpartisipasi dalam tahapan pemilu pilkada ini tidak ada yang golput, kita jaga bersama keamanan dan ketertiban sesuai dengan tupoksi masing masing melakukan kegiatanya, harapan ini dapat diwujudkan kalau kita bekerja bersama sama dan nantinya sukses ini akan menjadi nama baik bagi demokrasi Kota Bitung.

" Apa yang disampaikan tadi oleh ketua KPU Bitung terkait anggaran tentunya berterimakasih adanya inisiatif keterbukaan, ini semua harus di dokumentasikan supaya betul betul ada keterbukaan supaya rakyat bisa mengikuti bagaimana anggaran yang diberikan oleh rakyat melalui pemerintah Kota Bitung, itu dapat dipertanggungjawabkan oleh penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu serta unsur unsur yang mendapatkan anggaran dalam rangka melaksanakan pilkada," papar Lomban.

Senada disampaikan Komisioner  KPU Sulawesi Utara (Sulut) Meidy Yafeth Tinangon bahwa, Kota Bitung telah mencatatkan tinta emas dalam tahapan pemilu yang lalu, tentu saja kita berharap ada catatan catatan emas berikutnya yang akan ditorehkan dalam rangka pemilihan Walikota dan Wakilwalikota Bitung dimulai dengan lounching yang megah pada saat ini.

"Partisipatif kita sangat diharapkan karna bagian penting dari demokrasi, tidak ada demokrasi tanpa partisipasi, partisipasi telah teruji pada pemilu 2019 yang lalu dimana masyarakat Kota Bitung berbondong bondong ke TPS dan menghasilkan tingkat partisipasi lebih dari target Nasional 77,5 persen, Kota Bitung kalau tidak salah lebih dari 80 persen tingkat partisipasinya di Tahun 2019. Kita berharap dari segi kuantitas ini akan kita tingkatkan tetapi lebih dari itu kita juga berharap kualitas dari partisipasi itu," katanya.

Dalam kegiatan Launching tersebut, KPU Kota Bitung juga memberikan sertifikat penghargaan kepada sejumlah Forkopimda yang telah memberikan dukungan kepada KPU dalam penyelenggaraan pesta demokrasi / pilkada 2020. (Ivan)



×
Berita Terbaru Update