Notification

×

Iklan

Iklan

KADIS KESEHATAN MANADO TINDAKLANJUTI SURAT EDARAN MENTERI KESEHATAN TERKAIT VIRUS CORONA

Jumat, 31 Januari 2020 | 15:00 WIB Last Updated 2020-02-26T16:29:17Z
IVAN SUMENDA
MANADO KOMENTAR-Berawal dari pasar hewan di Tianhe Wuhan Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok  virus mematikan Corona kemudian menggoncang dunia, termasuk di kota Manado.

Hal itu kemudian mendapat respon positif Dinas kesehatan Kota Manado, sekaligus melakukan antisipasi penyebaran virus mematikan itu.

Kepala Dinas Kesehatan kota Manado dr Ivan Sumenda langsung mengambil langkah awal dengan membuka pusat pencegahan penyebaran virus corona di Dinas Kesehatan Manado. “Dinkes akan bergerak cepat  apabila mendapati warga yang terinfeksi virus corona di bandara Sam Ratulangi, baik itu turis maupun warga Indonesia,”kata Sumenda kepada wartawan, Rabu (29/0/2020), lewat keterangan persnya, sekaligus tindak lanjut dari surat edaran Kementerian Kesehatan tahun 2020.

Menurutnya, tindakan pencegahan penyebaran virus corona oleh pemerintah, adalah melakukan kewaspadaan bermula dari Bandara Internasional Sam Ratulangi yaitu terhadap kemungkinan datangnya turis asal Cina yang sudah terinfeksi sejak berada di negara asalnya.

Diketahui, awal merebaknya bahaya virus Corona ditemukan satu kasus pada Miss Hira (23-thn), guide Cina asal Indonesia  yang datang dari Wuhan Republik Tiongkok, ia diduga terinfeksi Corona, namun Hira langsung mendapat penanganan di RS Umum Malalayang Manado pada Sabtu (25/01/2020) hingga dugaan masa inkubasi virus 2-7 hari selesai ditangani tim dokter.

Akhirnya, pihak rumah sakit mengeluarkan pernyataan, bahwa Miss Hira tidak terinfeksi virus Corona. Setelah itu, pihak Dinas kesehatan tidak lagi menemukan kasus corona kepada warga yang ada di Manado.(jose)

×
Berita Terbaru Update