PERINGATI HARI APOTEKER SE-DUNIA KETUA DPRD AD, BERPARTISIPASI LEWAT PENGOBATAN MATA GRATIS BERSAMA IAI

PERINGATI HARI APOTEKER SE-DUNIA KETUA DPRD AD, BERPARTISIPASI LEWAT PENGOBATAN MATA GRATIS BERSAMA IAI

Sabtu, 12 Oktober 2019

MANADO KOMENTAR Hari apoteker se-dunia yang ditetapkan oleh Dewan FIP (The International Pharmaceutical Federation) di Istanbul Turki, ikut diperingati oleh seluruh Apoteker se-Indonesia termasuk di Manado.
Dari pantauan wartawan komentar, peringatan hari apoteker se-dunia di Manado atau (World Pharmacist Day), dilaksanakan dengan menggelar pengobatan mata secara gratis yang digagas oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Sementara itu,Ketua DPRD Manado Dra. Aaltje Dondokambey. MKes. Apt. yang juga pengurus IAI Manado,  ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Pengobatan mata gratis itu, dipusatkan di Gmim Bukit Moria Tikala Baru, dan dihadiri oleh siswa sekolah dasar dan menengah serta Guru.

Menurut Dondokambey, tema World Pharmacist Day tahun 2019 menjadi kesempatan yang sangat penting untuk IAI untuk mempromosikan peran apoteker dalam menjaga keselamatan pasien melalui peningkatan penggunaan obat-obatan dan mengurangi kesalahan pengobatan, sebagaimana tema hari apoteker se-dunia yakni “Obat-obatan aman dan efektif untuk semua”
“Pada kesempatan ini, selain memberikan pemeriksaan serta pengobatan mata secara gratis, IAI juga memberikan pengetahuan tentang  obat-obatan, agar para pasien dipastikan mendapatkan obat yang tepat sesuai dengan penyakit yang mereka derita. Jadi kami juga mengajari anak-anak untuk mengetahui tentang obat-obatan,”ujar Dondokambey.

Dijelaskan Dondokambey, seringnya para pekerja digital bekerja di depan komputer dan gadget, menimbulkan keluhan terhadap mata. Itu sebabnya, seluruh masyarakat juga dihimbau agar sesering mungkin melakukan pemeriksaan mata, karena tanpa disadari, lewat  aktivitas dengan menggunakan computer dan gadget, secara terus menerus, lambat laun akan mengurangi fungsi mata.
“Saya berharap, dengan adanya pemeriksaan dan pengobatan secara gratis ini, dapat membantu masyarakat, terutama anak-anak yang sudah sangat memahami penggunaan gadget,”tandas Dondokambey.(joppy Senduk)