SOAL MOU PEMKOT MANADO DAN ITB. FRAKSI NASDEM INGIN MENJADI BAGIAN DARI VISI BESAR GSVL

SOAL MOU PEMKOT MANADO DAN ITB. FRAKSI NASDEM INGIN MENJADI BAGIAN DARI VISI BESAR GSVL

Rabu, 25 September 2019
FRANKO WANGKO
MANADO KOMENTAR-Walikota Manado DR.Ir. GS Vicky Lumentut. SH.M.Si. DEA, yang terus melakukan pengembangan dan Implementasi Manado Smart City, yang dikemas lewat visi dan misi kota cerdas,menjadi perhatian Fraksi partai Nasdem DPRD Manado.


Melalui Franko C Wangko, Fraksi Nasdem memberikan apresiasi langkah cerdas yang dilakukan Walikota Vicky Lumentut yang menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait pengembangan dan implementasi Manado Smart City.

Menurut Wangko, penandatanganan MOU dengan ITB, adalah bagian dari janji Walikota GSVL yang tertera dalam deretan visi cerdas Walikota Manado GSVL bersama Wawali Mor Bastian.

“MOU bersama ITB. adalah bagian dari deretan visi misi Walikota Manado GSVL,  dalam konteks Smart City. Kita sama-sama tau, bahwa Manado adalah salahsatu kota cerdas di Indonesia,"kata Wangko.

Lanjut dijelaskan Wangko, bahwa berbagai penghargaan yang diraih pemkot Manado, adalah bukti dari keseriusan GSVL untuk menuntaskan semua visi misi di periode terakhir sebagai Walikota Manado.

Wangko juga menjelaskan, bahwa berbagai terobosan yang dilakukan Walikota GSVL adalah langkah stimultan dari upaya Panjang jajaran pemkot Manado  untuk membuktikan janjinya manjadikan Manado sebagai kota cerdas.

"Sebagai Walikota, GSVL telah mengambil sebuah langkah cerdas untuk menjadikan tekhnologi sebagai enabler atau pengungkit inovasi pelayanan masyarakat. Artinya inovasi pelayanan yang berbasis tekhnologi, bukan teknologi yang berdiri sendiri, kunci untuk membangun Smart City adalah kepemimpinan, karena kepemimpinan yang kuat dapat mendorong partisipasi masyarakat dan hal itu dapat dicapai jika visi dari inisiatif smart city dirasakan langsung oleh masyarakat,"tegasnya.

Wangko kemudian menjelaskan, bahwa
sebagai bentuk dukungan atas langkah Walikota,  dalam waktu dekat pihaknya akan menginisiasi Komunitas MasaDepan 5.0, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemkot Manado dalam upaya membangun ekosistem digital di Kota Manado.

"Saya perlu menjelaskan, bahwa angka 5.0, adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata. Ini saya katakan. bukan lantaran saya adalah kader partai NasDem yang bernomor 5 tapi diinsprasi dari konsep Society 5.0,"urainya.

Sebelum Society 5.0 terdapat versi sebelumnya yaitu Society 1.0 (Masyarakat berburu), Society 2.0 (Masyarakat bertani), Society 3.0 (Masyarakat Industri) dan Society 4.0 (Masyarakat Informasi). Jadi pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT(Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memproses big data dan menganalisa data tersebut.

"Kami ingin turut serta dalam visi besar Pak Walikota GSVL untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat. Kami bangga menjadi bagian dari langkah besar beliau untuk memajukan masyarakat Manado khususnya dan masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya” tandasnya.(jose)