JAM PENERBANGAN SIPIL MENYESUAIKAN KEGIATAN PELANGI NUSANTARA

JAM PENERBANGAN SIPIL MENYESUAIKAN KEGIATAN PELANGI NUSANTARA

Kamis, 19 September 2019

Letkol Pnb. SARMANTO



MANADO KOMENTAR.  Jam Pelayanan Penerbangan Sipil di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado mengalami penyesuaian terkait jam keberangkatan dan kedatangan pesawat sebagai dampak kegiatan "Pelangi Nusantara" oleh TNI AU.

Dijelaskan Kol.Pnb. Sarmanto, Kepala Kantor Otorita Bandar Udara Wilayah VIII Manado, usai Seminar Nasional Kedirgantaraan di Manado (19/9-2019). Berhubung ada kegiatan "Pelangi Nusantara" di Bandar Udara Sam Ratulangi Mando maka jadwal penerbangan sipil disesuaikan dengan kegiatan TNI AU hingga Tanggal 28 September 2019 mendatang.

Diakuinya, kegiatan "Pelangi Nusantara" membutuhkan lebih banyak ruang udara untuk sejumlah kegiatan TNI AU seperti ; Latihan Bersama Australia - TNI AU Indonesia (AUSINDO), Kejurnas Terjun Payung dalam rangka Pra PON 2020 Papua yang dipusatkan di Karpet Biru Paniki.

Kegiatan latihan AUSINDO maupun Kejurnas Terjun Payung yang pelaksanaannya dalam waktu bersamaan, maka ruang udara harus tidak ada penerbangan lain, terutama Pagi Jam 10 s/d 12 dan Sore Jam 14 s/d 16. Jadi Pagi hari selama 2 Jam dan Sore 2 Jam,  tidak ada kegiatan penerbangan komersial di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado.

Untuk Penerbangan Komersial dilakukan ditengah-tengah waktu kosong atau diundur kebelakang di Sore hari.  Perubahan jadwal ini diakui Sarmanto, telah berkoordinasi dengan pihak GM Angkasa Pura terkait jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat komersial di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado.  Agar tidak terjadi penumpukan penumpang diterminal dan menghindari terjadi delay pesawat yang terlalu lama.(jansen)