Iten Koyongian Sebut Wartawan Bukan Bodyguard KPU

Iten Koyongian Sebut Wartawan Bukan Bodyguard KPU

Kamis, 19 September 2019


BITUNG KOMENTAR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung menggandeng Media Cetak dan Online dalam rangka mengsosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 nanti, bertempat di gedung serba guna KPU Bitung, Kamis (19/9/2019).

Ketua Devisi SDM/Parmas Iten Koyongian dalam pertemuan tersebut menjelaskan, kegiatan ini KPU merekrut wartawan untuk mengsosialisasikan semua kegiatan KPU Bitung,"fungsi media memberitakan secara aktual semua kegiatan pilkada nanti, kami inginkan setiap berita nanti pada ada intinya jangan satu berita dibuat banyak atau di copy paste," jelas Iten.

Sementara, pada sesi tanya jawab Ferdy Pangalila salah satu wartawan Biro Bitung mengapresiasi kinerja KPU Bitung, disampaikanya bahwa wartawan tidak bisa dibatasi dalam menggali informasi dari pihak manapun,"Wartawan berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan pemilu artinya diluar kerja sama ini seandainya ada kejanggalan nantinya itu tetap akan diberitakan, sesuai etika dan UU Pers," kata Pangalila.

Menanggapi hal tersebut, Iten Koyongian menjelaskan, kalaupun ada sesuatu atau menurut wartawan rawan di proses pemilu nantinya silahkan berkordinasi dengan kami," Kami tidak membuat seorang wartawan sebagai Bodyguard dari KPU, tidak ada yang mengharuskan kalau KPU tidak bisa dikritik," jelas Koyongian yang juga mantan wartawan slah satu media cetak.

Senada disampaikan Ketua Devisi Teknis KPU Bitung Idly Fitrhriah bahwa keberadaan jurnalis sangatlah penting,"Semua wartawan Biro Bitung akan Bermitra dengan KPU Bitung," ujar Idly. (Ivan)