WALIKOTA MANADO GSVL HADIR PERIPURNA ISTIMEWA MENDENGARKAN PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI JOKO WIDODO

WALIKOTA MANADO GSVL HADIR PERIPURNA ISTIMEWA MENDENGARKAN PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI JOKO WIDODO

Jumat, 16 Agustus 2019

MANADO KOMENTAR-Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, menghadiri rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Manado dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, di Ruang Sidang DPRD Kota Manado, Jumat (16/08/2019).

Rapat Paripurna Istimewa dipimpin langsung oleh Pimpinan Sementara DPRD Kota Manado, Ketua Altje Dondokambey, didampingi Ketua Sementara, Nortje Van Bone, dan turut dihadiri oleh Wakil Walikota Manado. Mor D.  Bastiaan, SE, Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Lumentut-Runtuwene, MS, DEA, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Imelda Bastiaan Markus, SE, Sekda Kota Micler CS Lakat, SH, MH, Kapolresta Kota Manado, Kombes Pol, Benny Bawensel, SIK, MH, Forkompinda Kota Manado, para Anggota Dewan, para Staf Ahli Walikota, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Se-kota Manado, Lurah Se-Kota Manado, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Manado.


Dalam pidato Pidato Jokowi di Nota Keuangan RAPBN 2020, mengajak kita semua bangsa Indonesia, agar mulai hari ini, mulai saat ini, mulai detik ini, kita gerakkan seluruh sumber daya ekonomi Indonesia untuk mewujudkan lompatan-lompatan kemajuan.


Kita buktikan, bahwa Indonesia memang layak dan mampu menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Kita tunjukkan, bahwa ekonomi Indonesia dapat tumbuh sekaligus memberikan rasa keadilan. Kita wujudkan ekonomi Indonesia yang menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sementara itu, Walikota, menyampaikan bahwa kita telah mendengarkan banyak hal pidato kenegaraan dari Presiden Jokowi.

“Ada beberapa catatan penting bagi kami di pemerintah daerah, khususnya Kota Manado berkaitan dengan penyampaian Pak Presiden. Utamanya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tadi kita dengarkan bersama arahan yang sangat jelas, sangat tegas, agar semua aturan yang dibuat oleh pemerintah muara akhirnya dalam rangka memberikan kenyamanan kepada masyarakat, dan memberikan kemudahan dalam rangka kepentingan masyarakat . Antara lain yang disebutkan Presiden adalah, jangan membuat regulasi yang terlalu banyak, yang pada akhirnya menyusahkan masyarakat.


Salah satu contoh yakni perizinan dan birokrasi tidak terlalu panjang prosedurnya, sehingga menjadi hambatan bagi masyarakat. Kemudian tidak perlu terlalu banyak peraturan peraturan daerah yang pada akhirnya memasung pergerakan dari penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga kita juga akan rumuskan bersama dengan teman-teman yang ada di DPRD.


Apa yang menjadi program Bapak Presiden, tentunya menjadi pedoman dan arah bagi kita untuk mendukung program Pemerintah Pusat yang ada di Kota Manado, dalam rangka mensejahterakan masyarakat diantaranya bagaimana kita terus mengangkat potensi ekonomi masyarakat,”ujar Walikota.(jose)