KETERLIBATAN TNI DALAM PEMBANGUNAN, SANGAT PENTING

KETERLIBATAN TNI DALAM PEMBANGUNAN, SANGAT PENTING

Rabu, 14 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR- Pemerintah Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, mengapresiasi peran militer melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk membangun infrastruktur. Berkat programTMMD seluruh desa terpencil di Kota Bitung kini memiliki akses transportasi darat.

Menurut Walikota Bitung, keterlibatan TNI dalam kegiatan pembangunan di daerah sangat penting dan tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah daerah semata.

"Setelah kegiatan TMMD berhasil membangun infrastruktur sampai ke desa terpencil, perkonomian masyarakat juga meningkat," ujarnya.

Kota Bitung merupakan wilayah penghasil Kopra terbesar di Sulawesi Utara, bahkan, harga penjualan Kopra, termasuk hasil perkebunan dan pertanian lainnya ikut meningkat seiring dibukanya akses alternatif bagi masyarakat.

Komandan Kodim 1310/Bitung yang bertindak selaku Komandan Satgas TMMD ke-105, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, mengatakan pihaknya menerjunkan 150 prajurit dibantu puluhan warga untuk membangun infrastruktur sepanjang 4,4 kilometer. Jalan yang dibuat tersebut menghubungkan Kelurahan Duasudara dengan Kelurahan Apela Satu dan Kelurahan Apela Dua.

"Respons masyarakat sangat positif, bahkan tidak ada ganti rugi pembebasan lahan. Mereka dengan sukarela memberikan lahan untuk membangun jalan sepanjang 4,4 kilometer dan lebar 6 meter," pungkasnya.