ARIEF YAHYA: TIFF, CARNAVAL BUNGA TERBAIK NASIONAL

ARIEF YAHYA: TIFF, CARNAVAL BUNGA TERBAIK NASIONAL

Kamis, 08 Agustus 2019



TOMOHON KOMENTAR.  Mentri Pariwisata RI, Dr.Ir.Arief Yahya, menyatakan "Tomohon Internasional Flower Festival" (TIFF) merupakan satu-satunya Carnaval Bunga terbaik Nasional.

Pengakuan Menpar ini, disampaikan dalam sambutan pembukaan "Tomohon Internasional Flower Festival" (TIFF) ke 9, hari ini (8/8-2019), di Kota Tomohon Propinsi Sulawesi Utara.

Dikatakan Menpar, TIFF saat ini telah masuk dalam Kalender Ivent Nasional sejak Tahun 2018 dan 2019, sehingga menjadi tranding topik Nasional No. 2.

Lanjutnya, sesuai hasil penilaian kurator saat ini, maka telah diusulkan Tahun 2020 mendatang TIFF masuk lagi dalam Kalender Ivent Nasional. Maka selanjutnya akan menjadi Top 10 ivent Nasional.



Arief Yahya, sedikit buka-bukaan terkait perkembangan dan kemajuan industri pariwisata di Sulut.  Sejak Tahun 2015 s/d 2018, pertumbuhan wisman di Sulut naik 5 kali lipat atau setara 518%, sementra Kota Tomohon juga naik 5 kali lipat tetapi sedikit dibawah Propinsi Sulut, yaitu 517%.

Oleh Presiden Joko Widodo, sejak Tanggal 15 Juli 2019, menetapkan Sulawesi Utara salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas, selain Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Wilayah yang akan menjadi Super Prioritas di Sulut adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang. Presiden Jokowi, harapkan agar paling lambat Tahun 2020 semua infrastruktur dan utilitas dasar ( Jalan Tol, Air, Listrik dan Internet ) telah selesai dikerjakan.

Kemenpar menyediakan anggaran Tahun 2020 kepada setiap daerah yang ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas sebesar Rp. 2 Triliun, namun, karena Sulawesi Utara baru ditetapkan, sehingga dana untuk Sulut Rp. 400 Milliar, kata Mentri Periwisata, Arief Yahya, kemudian membuka secara resmi pelaksanaan TIFF ke 9 Tahun 2019.(jansen)