TMMD TUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA GOTONG ROYONG DITENGAH-TENGAH MASYARAKAT

TMMD TUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA GOTONG ROYONG DITENGAH-TENGAH MASYARAKAT

Sabtu, 27 Juli 2019


BITUNG KOMENTAR - Selain membuka dan melebarkan jalan Prajurit TNI dalam Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 1310/Bitung juga membuat plat duicker di badan jalan yang dibuka tersebut, yang fungsinya sebagai salah satu sarana untuk melintas di jalan yang dibuka dan dilebarkan itu.

Dalam kegiatan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung gabungan Prajurit TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Polri berbaur dengan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik yang ada di sasaran kegiatan di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung Propinsi Sulawesi Utara.

Tentu semua ini tidak akan bisa dilaksanakan oleh prajurit TNI tanpa adanya dukungan moril dan materil dari Pemerintah, dengan dukungan materil dan moril dari Pemerintah baik pusat maupun daerah maka anggaran yang dikucurkan akan lebih efektif membangun baik fisik maupun non fisik didalam pelaksanaan TMMD tersebut.

Dimana kalau dibandingkan dana yang dikucurkan untuk TMMD diberikan kepada kontraktor maka jauh lebih bermanfaat dan sasaran yang dikerjakan akan lebih banyak sehingga dengan begitu maka kegiatan TMMD lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Penulis mengatakan begitu karena disamping pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh prajurit TNI dalam Satgas TMMD, mereka juga melaksanakan kegiatan non fisik yang berguna bagi masyarakat baik disasaran kegiatan maupun di luar sasaran kegiatan.

Selain itu kegiatan TMMD juga mempunyai manfaat lain seperti menumbuhkembangkan budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat, karena masyarakat yang ada di sekitar lokasi kegiatan juga turut serta melaksanakan pembangunan fisik, sehingga dengan begitu kegiatan TMMD ini dapat mengajak masyarakat kembali menumbuhkembangkan budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat yang sekarang ini sudah pudar.