Mantiri Sebut Peringatan HLUN 2019 Dorong Lansia Mandiri

Mantiri Sebut Peringatan HLUN 2019 Dorong Lansia Mandiri

Rabu, 10 Juli 2019
BITUNG KOMENTAR-Wakil Wali (Wawali) Kota Bitung, Maurits Mantiri menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Selasa (09/07/2019).

Peringatan HLUN 2019 itu digelar di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Kota Bandung dan dibuka Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wawali diundang sebagai Ketua Komda Lansia Kota Bitung.

Wawali menyampaikan, puncak peringatan HLUN 2019 tanggal 10 April dan dalam acara pembukan Menteri Agus menyampaikan melihat perkembangan aktivitas dan kegiatan para lansia saat ini, maka pemerintah sudah mengajukan usia minimal lanjut usia jadi 65 tahun.

“Pak Menteri juga menyampaikan, setiap Pemda wajib hukumnya melakukan rehabilatasi pelayanan dasar kepada Lansia yang terlantar, karena itu dijamin oleh Undang-undang yang sudah dilanjutkn dengan Peraturan Pemerintah dan Permen,” katanya.

Wawali juga menyampaikan, selain dibuka Menteri, rangkaian kegiatan HLUN 2019 yang dimulai tanggal 9 sampai 10 Juli diisi dengan berbagai kegiatan dari Lansia seperti pameran, jalan sehat diikuti 500an Lansia, senam Lansia, hiburan, penyerahan bantuan, penyerahan penghargaandan karnaval.

“Kegitannya sangat menarik karena betul-betul diisi kegiatan para Lansia sesuai dengan tema HLUN 2019 Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat dalam artian mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Lanjut usia yang mandiri, yang tidak bergantung kepada orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjunjung tinggi martabat para Lansia,” katanya.(***/Ivan)