WAWALI MANADO MOR BASTIAN IKUT RAPAT KOORDINASI PEMILU

WAWALI MANADO MOR BASTIAN IKUT RAPAT KOORDINASI PEMILU

Rabu, 13 Februari 2019

MANADO KOMENTAR-Pemerintah Kota Manado nyatakan siap sukseskan Pemilu 2019. Yang mana, hal ini diungkapkan Walikota GS Vicky Lumentut melalui Wakil Walikota (Wawali) Mor Bastiaan, dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan PEMILU Serentak Tahun 2019, Selasa (12/02/2019) di Ballroom Sandeq Hotel Clario, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Dalam acara pemantapan pemilu 2019 itu, bersama TNI-Polri dan Pemerintah Daerah di Kawasan Indonesia Timur diundang. Disini dibicarakan mengenai pemantapan pemilu dan koordinasi antar instansi. Dimana ajang pemilu merupakan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, Kota Manado sudah siap untuk sukseskan pemilu 2019 yang berkualitas dengan bekerja sama dengan TNI dan Polri, Pemerintah Provinsi Sulut, serta KPUD dan Bawaslu,” ujar Wawali Mor kepada manadoline melalui sambungan What’sApp.

Sementara, Rakornas yang digelar oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri ini, dibuka sekaligus memberi pengarahan oleh Menko Polhukam Dr Wiranto yang diwakili Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri, Soedarmo.

“Kegiatan hari ini adalah sebagai kegiatan finalisasi dari pemerintah. Pemilu waktunya sudah sangat dekat tinggal beberapa hari lagi. Pertemuan hari ini adalah pertemuan terakhir bagi seluruh pemangku kepentingan, guna memastikan kesiapan dari masing-masing stakeholder dan pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April mendatang,” tukas Soedarmo.

Lanjutnya, pada Pemilu sebelumnya dilaksanakan Rakornas secara menyeluruh. Namun pada tahun ini, dilakukan secara per regional, karena pemerintah ingin menyatukan, menyamakan persepsi dan menampung berbagai persoalan yang mungkin terjadi. “Jadi intinya hari ini kita ingin mendengarkan dari masing-masing penyelenggara, khususnya bagi aparat keamanan, KPU serta pemangku kepentingan. Apa-apa saja yang akan menjadi kendala yang akan dihadapi nantinya,” terang Soedarmo.

Penjelasan lain dari DR. Akbar Ali, selaku Ketua Panitia Penyelenggara Rakornas dan juga sebagai Direktur Kewaspadaan Kemendagri, menyampaikan tujuan digelar rakornas ini yaitu terciptanya iklim demokrasi yang damai, kondusif dan berkesinambungan. Serta terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dan juga seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas,” tandas Ali.
Turut hadir pula dalam kegiatan ini , para Gubernur Se-Sulawesi, Bupati, Wali Kota, Kesbangpol Provinsi, Kabid Poldagri, Kabid Wasnas, unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta tamu undangan lainnya.(jose)