Headlines News :
Home » , » Masalah Lahan Tuntas, Pengerjaan Tol Manado Bitung Seksi A1 Berlangsung Tanpa Kendala

Masalah Lahan Tuntas, Pengerjaan Tol Manado Bitung Seksi A1 Berlangsung Tanpa Kendala

Written By Komentar News on Rabu, 12 September 2018 | 23:55

Komentar.co.id Manado - Proses pembangunan Tol manado-Bitung dari  titik nol hingga kilometer 7 ( seksi A1) saat ini tidak lagi menemui kendala terutama permasalahan lahan di ST 6100 sepanjang kurang lebih 100 meter, setelah upaya persuasif pihak BPJN XV melalui Yanuar Chalik selaku PPK 1 BPJN XV dibantu  aparat keamanan melakukan pendekatan kepada masyarakat yang semula ngotot  mempertahankan lahan yang berlokasi di Desa Suwaan  tersebut.

Pantauan wartawan Rabu, (12/9-2018) siang  beberapa  alat berat terlihat mulai melakukan aktifitas pekerjaan di lahan tersebut. Meski kondisi terlihat kondusif namun sejumlah aparat keamanan tetap memantau pekerjaan yang dilaksanakan oleh pelaksana proyek PT.Hutama Karya.

“ Sudah ada kesepakatan yang dimediasi oleh Kepala Desa serta aparat keamanan. Masyarakat sudah menerima. Anda lihat sendiri situasinya sangat kondusif,” ujar salah satu personil keamanan yang tidak mau disebutkan namanya kepada wartawan.

Sementara itu Yanuar Chalik selaku PPK 1 BPJN XV Sulawesi Utara - Gorontalo menuturkan terkendalanya proses pengerjaan lokasi ST 6100 berawal dari surat Hukum Tua Desa Suwaan tentang kepemilikan lahan.

“ Dari hasil penelusuran ternyata surat dari Hukum Tua tersebut tidak memiliki dasar sehingga kami memberanikan diri untuk secepatnya melakukan konstruksi di lahan tersebut karena dasar pembayaran yang dilakukan pemerintah melalui tim 9  bentukan Pemprov Sulut sudah tepat. Itulah yang menjadi dasar kami untuk melakukan kegiatan proses konstruksi. Target saya untuk area tersebut tuntas akhir November tahun ini, karena memang tinggal sedikit kurang lebih seratus meter saja.” terang Yanuar.

Ditambahkan mantan Asisten Umum Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Tanjung Priok ini, secara keseluruhan data laporan tim konsultan, progres konstruksi titik nol hingga kilometer 7  saat ini telah mencapai 60 persen demikian pun proses pengerjan badan jalan Drijit telah banyak mengalami kemajuan.

“ Semua alat dalam keadaan stand bye meski memang ada sedikit permasalahan terutama pembangunan jembatan namun terus dilakukan pengerjaan dan tetap on schedule. Mudah-mudahan penyelesaian terutama tiga dari empat  jembatan yang kami kerjakan  sesuai target yakni pertengahan Desember. Dan secara keseluruhan pembangunan 4 jembatan tersebut selesai bulan Januari atau Februari 2019.“ terangnya.  

Hal senada disampaikan kepala BPJN XV DR Triono Junoasmono saat dicegat wartawan usia Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPRD Sulut baru-baru ini.
Triono optimis  pengerjaan konstruksi titik nol hingga kilometer 7 ( seksi A1) dipastikan akan selesai pada bulan April 2019.

“ Saya pastikan dan optimis untuk pelaksanaan konstruksi Tol Manado-Bitung khususnya dari  titik nol hingga kilometer 7 akan selesai tahun depan yakni bulan April, “ ujar Triono singkat. (stem)
Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google