Headlines News :
Home » , » Terungkap Reses Wenny Lumentut Di Tumatangtang Tomohon, Warga Alami Krisis Air Bersih

Terungkap Reses Wenny Lumentut Di Tumatangtang Tomohon, Warga Alami Krisis Air Bersih

Written By Komentar News on Rabu, 22 Agustus 2018 | 10:51

Komentar.co.id Tomohon –Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut, SE menemui konstituennya di Kelurahan Tumatangtang Tomohon Selasa (21/8-2918) malam dalam rangka kegiatan  masa reses II tahun 2018. 

Berbagai aspirasi disampaikan warga kepada legislator Dapil Minahasa-Tomohon ini. Salah satunya yang mendesak segera dilakukan penanganan dari pemerintah terkait masalah kekurangan air bersih yang dialami warga,

Menurut masyarakat setempat, akibat musim kemarau yang berkepanjangan, distribusi air dari PDAM Tomohon tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan air minum masyarakat. Begitupun warga yang memanfaatkan air tanah, itupun menurut mereka banyak yang sudah tidak layak dikonsumsi disebabkan penurunan debit air sumur.

“ Krisis air ini memang terjadi setiap bulan Juli –September apalagi kalau musim kemarau bertahan sampai enam bulan. Ini baru sekitar dua bulan tapi  kondisinya sudah seperti ini, kami kesulitan mendapatkan air layak konsumsi, “ keluh warga.

Mereka berharap DPRD Propinsi dapat mencarikan solusi untuk diperjuangkan ke Pemprov Sulut untuk memfasilitasi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa  guna membantu distribusi air  bersih. 

Disisi lain warga mendesak segera dilakukan   pelebaran ruas jalan Manado-Tomohon mengingat pertumbuhan kota Tomohon  di segala sektor mempengaruhi jumlah kendaraan yang melintasi jalur tersebut sehingga sangat rawan kemacetan.

Begitupun  sektor pertanian, masyarakat butuh perhatian pemerintah Propinsi terutama bantuan alat-alat pertanian berupa kendaraan traktor. Selain itu pemerintah Propinsi diharapkan keseriusannya  memperhatikan adat dan budaya Minahasa terutama terkait pengrusakan benda cagar budaya yang terjadi baru-baru ini.  

Menanggapi aspirasi masyarakat, Wenny Lumentut berjanji akan segera menindak lanjuti ke Gubernur Olly Dondokambey terutama soal krisis air yang dialami warga Tomohon. Dirinya akan berupaya memfasilitasi antara PDAM Tomohon dan Minahasa untuk dicarikan solusi mengatasi krisis air di Tomohon. 

“ Masalah air bersih ini menyangkut kepentingan masyarakat yang harus segera diatasi. Saya menjamin pak Gubernur akan membantu menyelesaikan masalah ini. Saya juga yakin Bupati Minahasa pasti akan merestui kalau memang air bersih harus ditarik dari sana.” tegas WL sapaan akrabnya.

Sementara itu terkait masalah pelebaran Jalan Tomohon-Manado, Wenny mengungkapkan,   setiap tahun DPRD Sulut sebenarnya telah  menganggarkannya. Hanya saja menurut politisi Gerindra ini, masalahnya ada pada pembebasan lahan yang merupakan tugas pemerintah Kota Tomohon hingga  saat ini tidak pernah dilaksanakan.  

“ Bagaimana mungkin proyek pelebaran jalan dilaksanakan  kalau lahannya belum dibebaskan. Selalu Propinsi yang disalahkan. Kami di DPRD Propinsi secepatnya akan menyurat ke Gubernur untuk mengundang DPRD Tomohon untuk duduk bersama mencarikan solusi terkait pembebasan lahan ” ucap Wenny. 

Ia juga berharap Pemerintah Kota Tomohon dan DPRD segera  membahas anggaran pembebasan lahan mengingat ruas jalan yang merupakan satu-satunya penghubung kota Manado - Tomohon  rawan kemacetan dan beresiko longsor saat musim hujan. (stem)
Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google