Notification

×

Iklan

Iklan

OLLY SERAHKAN BANTUAN KEPADA KORBAN BENCANA DI KOTA BITUNG

Sabtu, 18 Februari 2017 | 21:52 WIB Last Updated 2017-02-20T01:07:25Z


Komentar.co.id - Gubernur provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE kembali meninjau sekaligus memberikan bantuan bagi  para pengungsi korban banjir dan tanah longsor di kota Bitung. Ini merupakan komitmennya setelah sebelumnya saat mendampingi Menko PMK dilokasi  pengungsian SD Katolik Santo Andreas, Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga pada beberapa hari lalu dirinya berjanji pemerintah provinsi akan memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 1 Juta bagi setiap keluarga korban bencana yang sudah didata.
 
Sabtu, (18/02/2017) bertempat di Aula kantor pemerintah kota Bitung, orang nomor satu di Sulut ini bertatap muka langsung dengan masyarakat kelurahan Tandurusa dan menyerahkan bantuan uang tunai sebesar 1 juta rupiah dan 1 karung beras kepada setiap kepala keluarga korban bencana.

Dikatakan Dondokambey, ini merupakan tanggung jawab pemerintah untuk membantu rakyatnya yang ditimpa bencana. Dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah kota Bitung , TNI , Polri, RAPI Rescue serta semua yang terkait yang dengan cepat dan tanggap membantu menangani korban banjir bandang dan tanah longsor.  “Ini kiranya menjadi contoh kepada daerah- daerah lainnya”, kata Olly.

Ditambahkannya, pemerintah provinsi terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk membantu masyarakat. “Ini dibuktikan dengan kedatangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Puan Maharani pada beberapa hari yang lalu dan langsung melihat sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami bencana”, jelas suami tercinta dari Rita Maya Tamuntuan ini.

Menurutnya, koordinasi dengan kepala BNPB Pusat sudah dilakukan pemerintah provinsi untuk menangani bencana di sulut khususnya Bitung. “Kebetulan kepala BNPB orang sulut, beliau langung cepat merespon dan memberikan bantuan”, ungkap Dondokambey.

Dirinya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan  untuk mengurangi beban karena pasca bencana aktifitas bekerja tidak dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. ”Nilai bantuan itu relatif kecil, namun saya berharap kiranya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi beban masyarakat yang di timpa bencana, apalagi banyak orang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi masyarakat kota Bitung supaya semakin mencintai dan memelihara alam lingkungan, agar bisa mengurangi ancaman bencana banji serta tanah longsor di waktu mendatang”, tutup gubernur.

Sementara Walikota Kota Bitung Max Lomban dalam laporannya mengatakan,  kerugian yang di alami akibat banjir bandang sekitar 166,8 miliar sebanyak 932 kepala keluarga yang mengalami dampak bencana. “Sampai saat ini ada 385 jiwa yang tersebar di berbagai tempat pengungsian, ada di rumah-rumah ibahadah seperti Gereja, di sekolah- Sekolah dan gedung pemerintah. Saat ini masih disediakan dapur umum”, ungkap Lomban.

Dikatakannya, pemerintah kota Bitung terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam membantu masyarakat yang mengalami bencana, diantaranya,  Alumni ( Yellow Jacket ) Universitas Indonesia ( UI ) yang diketuai Wakil Gubernur Sulut  Drs Steven O E Kandouw.

“Saat ini Alumni Yellow Jacket melakukan pendampingan kepada para pengungsi untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan syok ( Trauma Healing ). Sementara untuk memberikan hiburan pada para pengungsi Artis komedi Mongol bersedia hadir ditengah-tengah para korban bencana”, jelas Lomban sembari menyebutkan, saat ini delapan puluh persen ( 80 %.) korban bencana sudah teratasi, pada umumnya rumah yang terkena sudah di bersihkan. Yang dipengungsian sekarang adalah keluarga yang rumahnya mengalami rusak berat”, tutup Lomban.

Turut hadir Wakil Walikota Kota Bitung Maurits Mantiri, kepala Dinas Sosial Pemprov Sulut Grace Punuh, kepala BPBD Sulut Noldy Liow, kepala Bappeda sulut Recky Toemandoek, Kepala Dinas Pangan Jemmy Kuhu, staf gubernur bidang pengembangan SDM Linda Watania, kepala Biro Protokol, kerjasama dan komunikasi Publik Bahagia Mokoagow, Kepala Biro Administrasi Perekonian dan SDA Frangky Manumpil, Plt Kepala Biro umum Clay Dondokambey ,Plt kepala Satpol PP Edison Humiang dan pejabat Eselon 2 pemkot Bitung. (ven)



×
Berita Terbaru Update