Notification

×

Iklan

Iklan

OLLY : PENGELOLAAN DANA DESA HARUS SEARAH DAN SEJALAN DENGAN KEBIJAKAN PEMERINTAH 

Selasa, 07 Februari 2017 | 21:15 WIB Last Updated 2017-02-07T13:15:49Z
Komentar.co.id - Guna meningkatkan  kesejahteraan, pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa sekaligus memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek dari pembangunan maka di tahun 2016 pemerintah kembali mengalokasikan dana desa untuk 1.504 desa se-Sulawesi Utara sebesar Rp 911 498.499.000 miliar meningkat 100% dari jumlah tahun sebelumnya (2015) yakni Rp 402,5 miliar. 

Hal itu disampaikan gubernur provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Desa No 22 tahun 2016 tentang Penetapan Proiritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 di kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa ( 07/02/2017). Dikatakan Dondokambey, khusus untuk kabupaten Bolaang Mongondow dengan jumlah 200 desa di tahun 2016 mendapat alokasi dana sebesar Rp 119.867.236.000 miliar. 

"Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah saya tegaskan, bantuan dana desa yang langsung dari pemerintah pusat masuk ke desa-desa, Sangadi dan pendamping desa harus searah dan sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini gubernur sebagai penanggung jawab di provinsi sulut. Penegasan ini perlu dikawal agar program pemerintah pusat lewat Dana Desa betul-betul dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan, tegas Dondokambey. 

Dirinya berharap program dari pemerintah pusat seperti bantuan dana desa ini dikawal sehingga sesuai dengan peruntukannya serta pengelolaannya sesuai dengan aturan yang ada. "Saya dipilih  masyarakat Sulut selama lima tahun untuk mengawal kebijakan pemerintah pusat. Untuk itu, Saya wajib mengawal semua program bapak presiden Jokowi agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat", Tutup Dondokambey. 

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bolmong Nixon Watung dalam sambutannya mengatakan, merupakan suatu penghormatan bagi kami pemerintah kabupaten Bolmong, karena dipercayakan memfasilitasi kegiatan ini, karena merupakan moment yang penting untuk semakin memantapkan komitmen dan konsistensi kita dalam upaya pemantapan pengelolaan dan penggunaan dana desa,  kata Watung. 

Diketahui pada kesempatan ini Gubernur Olly juga telah menyerahkan bantuan alat - alat pertanian untuk para petani. Turut hadir pada kegiatan ini, Anggota DPRD Sulut, Ketua DPRD Bolmong, jajaran pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, jajaran Pemkab Bolmong, Camat, Sangadi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para pendamping  desa dan fasilitator serta tamu undangan lainnya. (ven)



×
Berita Terbaru Update