Notification

×

Iklan

Iklan

WAGUB : FPB 2016, ENTRY POINT PARIWISATA SULUT

Senin, 25 Juli 2016 | 21:07 WIB Last Updated 2016-07-25T23:48:32Z
KOMENTAR.CO.ID - Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw menegaskan, Festival Pesona Bunaken 2016 (FPB) dijadikan entry point bagi pengembangan sektor kepariwisataan di daerah ini. Hal itu disampaikannya saat membuka festival tersebut di kawasan Megamas Manado, Senin (25/07). Menurutnya kegiatan seperti ini perlu digiatkan kembali mengingat semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung di Sulut, apalagi waktu dekat ini bandara Internasional Sam Satulangi sudah akan dibuka selama 24 jam.

"Bapak Gubernur berkeinginan  menjadikan Festival Pesona Bunaken sebagai entry point pariwisata Sulut, karena sektor ini menjadi program prioritas setelah sektor pertanian, perkebunan, pendidikan dan kesehatan", katanya.

Sektor pariwisata perlu terus di dorong bahkan diakselerasi terus menerus karena kurangnya perhatian serius dari stakeholders di sektor ini. Apalagi dengan terobosan yang luar biasa dilakukan orang nomor satu di Sulut dengan mendatangkan ribuan turis dari Tiongkok ke daerah ini, tentunya harus dijawab dengan memperbanyak kegiatan wisata. 

"Kita memiliki 161 destinasi wisata seperti wisata selam, paling banyak memiliki diver maupun instruktur serta dive spot (lokasi penyelaman), selain objek wisata religius dan wisata alam. Dari segi kultur dan SDM sulut terkenal afirmatif dengan budaya asing. Ini merupakan momentum bagi kita, baik pengusaha angkutan, restoran, perhotelan, sovenir untuk memanfaatkan peluang yang besar ini, kesemuanya itu tentunya akan memberikan multyplier effect bagi daerah kita, tutur mantan ketua DPRD Sulut ini.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulut Ir Happy Korah MSi, menyebutkan, kegiatan yang akan berlangsung hingga 29 Juli 2016 mendatang di kawasan Megamas, Mantos dan Bunaken akan digelar lomba memancing, lomba perahu hias, konser musik pesona bunaken oleh Band Ungu, road show ke bunaken dan lomba musik bambu dan musik kolintang serta lomba kuliner tingkat nasional. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Disbudpar Sulut dengan Kementrian Pariwisata RI. Dengan untuk pengembangan promosi melalui produk pariwisata dalam rangka peningkatan arus kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara, tandas Korah. 

Diketahui turut hadir Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos, unsur Forkopimda Sulut, pejabat teras Pemprov, serta Kadis Pariwisata Kabupaten/Kota. (ven)


×
Berita Terbaru Update