Headlines News :
Home » » PETANI MINSEL DIDORONG HASILKAN TANAMAN SEHAT DAN BERKUALITAS DENGAN PUPUK ORGANIK

PETANI MINSEL DIDORONG HASILKAN TANAMAN SEHAT DAN BERKUALITAS DENGAN PUPUK ORGANIK

Written By Komentar Manado on Senin, 11 April 2016 | 23:47

KOMENTAR.CO.ID AMURANG – Kepala dinas Pertanian kabupaten Minahasa Selatan melalui Kabid Hortikultura Agus Sumajow M.Si mengungungkapkan dalam  menentukan kualitas produksi pertanian yang sehat untuk dikonsumsi diperlukan kajian serta penelitian, termasuk jenis bahan pupuk.

Saat ini menurutnya, banyak masyarakat maupun petani belum banyak mengetahui akan manfaat pertanian organik dan menghasilkan tanaman sehat dan berkualitas,  padahal proses pembuatan pupuk organik tidak sulit, sederhana dan murah.

“Penggunaan pupuk organik pada tanaman merupakan teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan pupuk kimia maupun pestisida kimia seperti budidaya sayur organik. Kita bisa memanfaatkan  pupuk kandang, maupun kompos yang terdiri dari mineral yang kaya nutrisi yang bertujuan memperbaiki kesuburan tanah  serta memenuhi nutrisi yang diperlukan  oleh tanaman.” jelas Sumajow

Ditambahkannya produk tanaman yang dihasilkan melalui  pertanian organik saat ini banyak dicari masyarakat  dan  diberi label khusus, sehingga konsumen bisa tahu produk tersebut menggunakan pupuk organik.

“ Disini kan banyak hasil limbah organik yang perlu di manfaatkan untuk jadi bahan pupuk organik . Modoinding merupakan sentra tanaman holtikultura, banyak sampah limbah ,sayur yang perlu dimanfaatkan .” tandas Sumajow sambil menambahkan pemupukkan secara organik  sangat penting selain karena kualitas produk itu bagus,  hal tersebut juga
bisa menyiasati kelangkaan pupuk nonorganik di pasaran sehingga proses penanaman tidak terganggu dengan adanya kelangkaan pupuk nonorganik.

Pemerintah Kabupaten Minahasa sendiri mendukung produksi tanaman organik seperti produksi sayur oleh petani. Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) berencana membangun gudang penyimpanan sayur di kelurahan Kawangkoan Bawah Amurang Barat  untuk menampung hasil produksi petani yang nantinya akan dijual ke daerah lain.

Bahkan Gubernur Olly Dondokambey beberapa waktu lalu menyatakan kesediaanya  melakukan lobi di kementerian terkait ketersediaan anggaran. “Saya akan berupaya melobi  Kementerian mengenai anggaran terkait  rencana pembanguna gudang sayur ini,'' tandas Dondokambey. (moren)


Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google