Notification

×

Iklan

Iklan

Buka Workshop Pusat Pelatihan Pertanian dan P4S, Honandar Sampaikan Ini

Jumat, 20 Mei 2022 | 09:48 WIB Last Updated 2022-05-20T01:49:07Z

 


BITUNG KOMENTAR-Kegiatan Workshop Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di Kota Bitung, dibuka Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, Kamis (19/5/2022) kemarin, di kelurahan Sagerat Weru 2, Kecamatan Matuari, Kota Bitung.


Dalam sambutannya, Hengky Honandar mengatakan, pemerintah Kota Bitung menyambut baik terlaksananya agenda ini dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada forum komunikasi (P4S) sebagai mitra strategis pemerintah di bidang pertanian.


"P4S memiliki peran penting dalam hal penyampaian informasi percepatan inovasi-inovasi pertanian serta menjadi pendamping berbagai program pemerintah di lapangan.Kiranya forum ini dapat di manfaatkan sebagai sarana komunikasi, informasi supaya terjalin kemitraan pembangunan pertanian di bumi nyiur melambai", ungkap Hengky.


Lanjut Hengky menyampaikan, dalam pembangunan pertanian di Provinsi Sulawesi Utara, khusunya yang ada di Kota Bitung, terdapat tiga hal yang menjadi tantangan sering dihadapi.


Pertama, regenerasi petani milenial kita perlu mengarahkan dan meningkatkan peran para petani milenial, terlebih dengan perubahan dan perkembangan teknologi dibutuhkan penduduk usia muda yang mudah mengadopsi inovasi. Sehingga terjadi percepatan pembangunan pertanian.


Ke dua, kurangnya sarana prasarana dan teknologi yang diserap. Ke tiga adalah permasalahan tentang ketersedian air dan jaringan irigasi.


"Pemerintah Kota Bitung berharap, melalui mimbar sarasehan dan workshop hari ini bisa menghasilkan rumusan saran rekomendasi yang bisa di senergikan, dikolaborasikan dan ditindaklanjuti oleh perangkat yang terkait," Kata Hengky.


Hadir dalam kegiatan mewakili Balai Pertanian Batang Kaluku Goa Sulawesi Selatan, Hari Ismanto, Ketua FK P4S Sulut Ir. Yani Lasut, Ketua Komunitas Exportir Milenial Sulut, Alan Harvey Palar, Ketua P4P komunitas pejuang Kota Bitung, Yulius Kowaas, Kadis Ketahan Pangan dan Pertanian Kota Bitung Steven Prok, Camat Matuari Amelia Ngantung dan tim percepatan, serta Lurah.


×
Berita Terbaru Update