Notification

×

Iklan

Iklan

SBANL Ikut Rapat Kerja dengan Wamen PUPR RI John Wempi Wetipo

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:14 WIB Last Updated 2022-01-19T11:14:05Z


JAKARTA  KOMENTAR -  Anggota Komite II DPD RI Senator Ir. Stefanus B.A.N Liow, MAP mengakui bahwa kehebatan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dengan jaringan terbilang luas dan lobby tingkat tinggi membuat banyak sarana prasarana dan infrastruktur dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menggalir di daerah nyiur melambai. Pembangunan infrastruktur mencakup sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman dan perumahan sangat mendukung percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta memberikan konstribusi bagi kemajuan bangsa dan NKRI. Hal ini disampaikan Senator SBANL sapaan Anggota DPD RI/MPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara dalam Rapat Kerja Komite II DPD RI dengan Wakil Menteri PUPR RI John Wempi Wetipo, SH,MH di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (19/01/2022).


Sebagai Wakil Daerah, Senator SBANL, sesuai konstitusi negara, maka suatu pertanggungjawaban moral dan politik menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah dipusat.Oleh karena itu, seiring dengan pembangunan infrastruktur.

"Senator SBANL mengingatkan Kementerian PUPR RI untuk memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan hidup, penataan drainase/saluran yang baik dan benar untuk meminilisasi kerusakan jalan dan terjadinya banjir."ujarnya.


"Namun sangat mendesak juga, untuk mendapat prioritas pembangunan jaringan air bersih, sembari mencontohkan pipa air bersih di Kota Tomohon pada umumnya sudah bocor dan rusak, karena sudah sejak lama jaringan instalasinya. Demikian pula daerah lainnya di Sulut, seperti Manado, Bitung, Minut, Minahasa, Minsel,  Mitra dan kabupaten/kota lainnya menjadi permasalahan penyediaan air bersih. APBD tidak cukup, sehingga sangat membutuhkan topangan dari  Kementerian PUPR RI."ucap SBANL.


Ditambakanya,Jika pula adanya pembangunan infrastruktur, namun masih ada kendala pembebasan lahan dan belum tuntas biaya pembebasan lahan agar segera diselesaikan sesuai mekanisme dan aturan. Pembangunan Tempat Pembuabgan Akhir (TPA) sampah yang representatif dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah benar-benar tepat sasaran."katanya.


Wamen PUPR John Wenpi Wetipo menjelaskan kebijakan pelaksanaan  program kerja Tahun 2022, termasuk pembangunan infrastruktur, sembari menyebut untuk Sulut diantaranya Bendungan Lolak Bolmong dan prmbangunan Danau Tondano."ucapnya.


Wetipo yang pernah menjabat Bupati Jayawijaya Papua selama dua periode mengatakan adanya program padat karya tunai yang tersebar di daerah-daerah nusantara. 


SBANL Bersama Senator lainnya melakukan percakapan dengan Wakil Menteri PUPR John Wenpi Wetipo, usai rapat kerja.


Raker Komite II DPD RI  dipimpin tiga Wakil Ketua masing-masing Dr. Ir. Abudullah Puteh, Bustami Zainyddin, MH dan Lukky Semen, SE. Sedangkan Wamen John Wempi Wetipo didampingu Sekjen PUPR Mohammad Zainal, Irjen T. Iskandar, 5 Dirjen Staf Ahli dan Kepala-Kepala Badan.(Dotu)


×
Berita Terbaru Update