Notification

×

Iklan

Iklan

Penempatan PMI keJepang, Bupati Talaud Tandatangani PKS Dengan Lembaga Pelatihan

Kamis, 17 Juni 2021 | 22:22 WIB Last Updated 2021-06-17T14:22:00Z

 


MANADO KOMENTAR- Guna mendorong penempatan pekerja migran asal talaud kejepang melalui  program SSW, rabu 9/6.2021 Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Lasut melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama(PKS) dengan kobra group selaku lembaga pelatihan bahasa jepang dengan mengambil tempat kantor UPT BP2MI Manado.


Dalam sambutannya Elly Lasut menyampaikan bahwa penandatanganan PKS ini merupakan tindaklanjut dari PKS  antara BP2MI dengan pemerintah kabupaten Kepulauan talaud yang telah dilakukan pada 23 februari 2021 yang lalu.


" Penandatanganan PKS ini merupakan bukti komitmen serius dari pemerintah daerah talaud. untuk melaksanakan apa yang sudah diamanatkan UU sebagai tindak lanjut dari PKS yang sudah kami tandatangani dengan BP2MI pada tanggal 23 februari yang lalu."Jelas Elly


Elly juga menyampaikan bahwa penandatanganan PKS ini telah mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat talaud.


" Antusiasme masyarakat talaud untuk bekerja di jepang sangat luar biasa. Peminat yang mendaftar membludak, namun seleksi harus dilakukan dengan benar agar tepat sasaran, yaitu mereka yang ikut dalam pelatihan, namun peserta yang ikut pelatihan adalah benar-benar memiliki minat yang tinggi untuk bekerja diluar negeri."Kata Elly.


Elly juga mengungkapkan bahwa hingga saat ini proses seleksi peserta pelatihan masih terus dilakukan. " Saat ini proses seleksi peserta pelatihan masih terus kami dilaksanakan.Terakhir kami telah seleksi berhasil sebanyak 200 peserta yang akan segera ikut pendidikan dan  pelatihan dengan lembaga yang sudah bekerjasama dengan pemda talaud. Kami harapkan dalam waktu 6 bulan kedepan, anak-anak talaud yang sudah diberi pelatihan ini dapat lulus dalam tes bahasa dan skill yang dibutuhkan serta lulus dalam proses seleksi dengan perusahaan-perusahaan di jepang, sehingga mereka segera berangkat untuk bekerja disana."Jelas Elly.


Dalam kesempatan yang sama Elly juga menambahkan bahwa BP2MI selaku mitra srategis dari pemerintah talaud akan terus dilibatkan dalam pengawasan proses penempatan nantinya.


"Pemda talaud akan terus berkoordinasi dengan BP2MI dalam hal ini UPT BP2MI Manado agar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan program penempatan kejepang dapat berjalan dengan lancar." Kata Elly.


Sementara itu Hendra Makalalag selaku kepala UPT BP2MI.Manado, menyampaikan bahwa pihaknya juga telah siap untuk mengawal program penempatan dari pemda talaud.


"UPT BP2MI Manado akan selalu berkordinasi dengan pemda talaud untuk ikut mengawal proses penempatan program SSW kejepang. Ke depannya kami akan segera persiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kelancaran program ini."tutup Hendra.



(jovan)



×
Berita Terbaru Update