Notification

×

Iklan

Iklan

Tinjau PT. Indo Lautan Mas di Manbo-nembo, Wamen Perdagangan Janji Berikan Bantuan

Jumat, 16 April 2021 | 08:36 WIB Last Updated 2021-04-16T00:37:47Z

BITUNG KOMENTAR-Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar yang didampingi oleh Assisten I Frangky Ladi, Assisten II Jeffry Wowiling, Kadis Perdagangan Benny Lontoh dan Camat Matuari Sefferson Sumampouw sambut kedatangan Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Jerry Sambuaga bersama rombongan yang datang menijau langsung di PT. Indo Lautan Mas yang beralamat di Kelurahan Manembo-nembo Bawah, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, pada hari Kamis (15/04/2021).


Setelah berada di lokasi Perusahaan, Wamen meninjau langsung cool storage milik PT. Indo Lautan Mas yang bergerak dibidang perikanan. Didampingi Wakil Wali Kota Bitung bersama jajaran Pemkot Bitung, Wamen terlihat berbincang-bincang dengan pelelola perusahaan yang diwakili oleh Frangky Takasihaeng.


Wamen dalam sambutanya memberikan apresiasi atas dukungan Pemkot Bitung kepada para pelaku usaha. Untuk itulah Kota Bitung menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan kami untuk memberikan bantuan Sistem Resi Gudang (SRG) dari 123 SRG.


"Kota Bitung salah satu kota yang akan kami berikan bantuan SRG. SRG itu sangat baik kepada para pelaku usaha baik dibidang pertanian dan perikanan. Kegunaanya untuk menyimpan 20 komoditi, yakni hasil laut atau hasil bumi jika harga penjualanya sedang barada dibawa harga normal. Jadi kita bisa menyimpanya dengan waktu cukup lama untuk menunggu waktu harga di pasaran kembali normal," jelas Sambuaga.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, SE yang juga basicnya sebagai pelaku usaha dibidang perikanan berharap agar Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perdaganan bisa membantu serta mencarikan solusi dari persoalan ini,


"Jadi kami berharap Pak Wamen bisa mencarikan solusi, karena Pak Wamen sudah melihat sendiri bagaimana cool storage sebesar ini ikannya sedikit malahan kosong sama sekali," bebernya.


Menanggapi akan hal tersebut, Wamen melalui staf kementerian mengatakan bahwa ini sudah di catat dan akan dirapatkan di kementeriam nantinya,


"Jadi keluhan dari para pelaku usaha dan pemerintah setempat sudah kami catat, yang kemudain akan dirapatkan di Kementerian nantinya," pungkas salag satu staf dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.


Usai meninjau PT. Indo Lautan Mas, Wamen beserta rombongan yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Bitung menuju pelabuhan Perikani Aertembaga, Kota Bitung selanjutnya mampir ke pasar Girian untuk menjinjau situasi pasar saat bulan Ramadhan.


Berikut 20 Komoditi dalam SRG

1. Gabah

2. Beras

3. Jagung

4. Pala

5. Kopi

6. Kopra

7. Bawang Merah

8. Timah

9. Gambir

10. Rotan

11. Rumput Laut

12. Karet

13. Teh

14. Lada

15. Ayam Beku Karkas

16. Ikan

17. Kakao

18. Garam

19. Gula Kristal Putih

20. Kedelai



×
Berita Terbaru Update