Notification

×

Iklan

Iklan

Jalan DR. Drs, SH Sarundajang di Kota Manado Sulawesi Utara Diresmikan

Sabtu, 10 April 2021 | 02:42 WIB Last Updated 2021-04-09T18:42:08Z



MANADO KOMENTAR-Menjadi pemimpin sejatinya harus mengetahui serta paham dengan apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya. Dan kemudian mewujudkan atau menerapkan secara nyata apa yang menjadi tanggungjawab pemimpin itu sendiri. 

Karakter kepemimpinan seperti Iitu kata Walikota Manado DR. Ir. GS Vickyu Lumentut. SH. M.Si. DEA, melekat pada mantan Gubernur Sulut dua periode, (2005-2010, 2010-2015), Almarhum DR. Drs Sinyo Harry Sarundajang yang santer disapa SHS.

“ Almarhum SHS layak mendapat penghormatan karena  memiliki kemampuan mengelolah pemerintahan, hingga visi dan misi bagi pembangunan dan kesejahteraan seluruh rakyat Sulut dapat terwujud,”kata GSVL disela-sela peresmian pemberian nama jalan Drs SH Sarundajang di Kecamatan Mapanget.

Pengakuan atas efektivitas kepemimpinan lewat pola pikir brilian, serta sikap dan tindakan SHS kata GSVL, berorientasi bagi kemajuan daerah. 

Lalu GSVL menuturkan, bahwa sepuluh tahun memimpin Sulut,  Almarhum SHS telah berbuat banyak hal dalam rangka membawa Sulut menjadi daerah dengan tingkat pembangunan tertinggi secara nasional. 


Pertumbuhan ekonomi berada di atas rata-rata, serta meningkatnya kesejahteraan rakyat yang ditandai menurunnya jumlah penduduk miskin di Sulut secara signifikan, serta deretan sukses lainnya.


"Capaian kemajuan pembangunan dan meningkatnya kesejahteraan rakyat di Provinsi Sulut hingga saat ini tidak lepas dari tangan dingin Almarhum Pak SHS. Saya mengikuti dan menyaksikan langsung apa yang telah Almarhum perbuat selama menjadi Gubernur Sulut dua periode. Kemajuan Kota Manado juga tak lepas dari peran Almarhum Pak SHS. Ada beberapa contoh, Almarhum meletakkan pondasi awal pembangunan Tol Manado-Bitung, membangun jalan Ring Road satu dan dua, pelebaran jalan menuju ke Bandara Sam Ratulangi, menyelenggarakan even berskala internasional World Ocean Confrence (WOC), Sail Bunaken dan deretan keberhasilan lainnya. Hingga tidak salah Pemerintah RI menganugerahi Almarhum Bintang Mahaputera, yang merupakan penghargaan sipil tertinggi," kata GSVL.

Untuk menghargai jasa dan pengabdian Almarhum SHS, dalam peran serta membangun Kota Manado. Tadi GSVL meresmikan langsung nama jalan Dr Drs SH Sarundajang yang berada di ruas jalan antara perempatan Transmart Kaiwatu hingga ke pertigaan Bengkol. 



"Pemberian nama jalan ini, seperti telah saya sampaikan merupakan penghargaan dari pemerintah dan masyarakat Kota Manado atas kontribusi luar biasa Pak SHS bagi kemajuan Kota Manado. Dengan harapan penamaan jalan Dr Drs SH Sarundajang, akan menjadi kenang-kenangan bagi kita semua dan generasi mendatang, sekaligus bentuk pengakuan bahwa di Sulut pernah ada pemimpin pemikir, pemimpin pekerja, pemimpin visioner atau yang kemudian kita kenal sebagai bapak pembangunan Sulut bernama Dr Drs Sinyo Harry Sarundajang. Tuhan memberkati torang samua. Salam sehat, salam bersih dan salam rukun," tandas GSVL.


Hadir dalam kesempatan itu, istri Almarhum SHS, Ny Deetje Adelin Sarundajang Laoh Tambuwun, dan anak-anak, Vanda Sarundajang, Eva Sarundajang, Ivan Sarundajang dan Fabian Sarundajang serta beberapa keluarga dekat.


Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update