Notification

×

Iklan

Iklan

Pemilihan Kepala Jaga V Desa Lelema Sukses Digelar. Kades Maxi Liwe Sambut Baik Pilihan Rakyat

Minggu, 17 Januari 2021 | 19:02 WIB Last Updated 2021-01-17T15:13:53Z

MINSEL KOMENTAR-Sebenarnya apa tugas Kepala Jaga? bagaimana Kepala Jaga dapat berkontribusi untuk masyarakat desa? terkait dengan Kepala kewilayahan atau kepala jaga dan/atau sebutan lainnya dapat diuraikan sebagai berikut:


1. Kepala Jaga atau sebutan lain adalah Kepala kewilayahan yang merupakan bagian dari desa atau sebutan lain.

2. Desa mengangkat Kepala Dusun apabila desa tersebut terdiri lebih dari satu wilayah atau rumpun perkampungan yang terpisah satu sama lainnya. Misalnya desa lelema, terdiri dari jaga 1 sampai 10.

Dasarnya:


Permendagri No. 84 Th. 2016

Pasal 10


(1) Kepala Kewilayahan atau sebutan lainnya berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugasnya di wilayahnya.


(2) Untuk melaksanakan tugas kepala dusun, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Kewilayahan/Kepala Dusun memiliki fungsi:


a) Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.


b) Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.


c) Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.


d) Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.


Nah Pemilihan kepala jaga di lingkungan masyarakat di desa lelema khususnya di lingkungan jaga V. Hukum tua (kuntua) Desa lelema Maxi Liwe. S.Sos menyebutkan bahwa Kekosongan perangkat desa memang harus di isi agar supaya proses penyelenggara serta pemerintahan disetiap jaga yang ada di desa harus berjalan dengan baik dan teratur, Ujar hukum tua.


Demikian juga dalam menentukan pergantian kepala jaga V di Desa Lelema pada hari ini Minggu 17 januari 2021. Bertempat di kompleks pemukiman jaga V Desa Lelema dilaksanakan dalam menentukan/memilih kepala jaga baru bagi mereka.


Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Untuk pemilihan kepala jaga di jaga V yaitu Bapak Pnt. Noldy sambur yang juga sebagai sekertaris Desa lelema "pemilihan tenang aman dan lancar. Jika ada warga yang didapati sudah mengkonsumsi minuman keras kami tidak layani untuk pemberian kertas suara".


Dari 143 daftar pemilih yang ada. yang hadir menggunakan hak pilih adalah 90 pemilih. Dan urutan teratas adalah Ibu Sylvia Marentek berjumlah 43 suara, urutan kedua yaitu Moddy lumenta 28 suara dan urutan terakhir adalah Arispol Kainde berjumlah 19 suara.

Semoga yang terpilih dapat legowo, amanah dan benar-benar dapat menjadi kepanjangan tangan sekaligus kepanjangan lidah dari masyarakat jaga V desa lelema, ungkap pak kuntua ketika di wawancarai awak media ini.


[Vanbasten]

×
Berita Terbaru Update