Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota Tomohon Caroll Senduk Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Suci Waisak

Kamis, 23 Mei 2024 | 11:05 WIB Last Updated 2024-05-24T02:16:32Z


TOMOHON KOMENTAR - Umat Buddha di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, merayakan Hari Suci Waisak pada tanggal 23 Mei 2024. Perayaan ini setiap tahunnya jatuh pada tanggal yang berbeda karena mengikuti penanggalan kalender Buddha (Buddhist Era/BE). Namun, umumnya Hari Suci Waisak dirayakan pada bulan Mei.


Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2024, Hari Raya Waisak 2568 BE ditetapkan pada hari Kamis, 23 Mei 2024. Hari ini juga diakui sebagai hari libur nasional oleh pemerintah Indonesia.


Mengutip laman resmi Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gautama, yakni kelahiran Pangeran Siddharta, pertapa Siddharta mencapai pencerahan dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana (wafat).


Tema yang diusung pada peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE tahun ini adalah "Kesadaran atas Keberagaman". Tema ini bertujuan mengajak umat Buddha untuk terus meningkatkan kesadaran akan keberagaman yang menjadi fondasi berdirinya negara Indonesia.


Walikota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, SH, turut menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Suci Waisak kepada seluruh umat Buddha.


"Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Suci Waisak 2568 BE kepada seluruh umat Buddha. Semoga perayaan ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kebijaksanaan bagi kita semua, serta semakin memperkokoh kesadaran kita akan keberagaman yang ada di tengah masyarakat," ujar Senduk.


Perayaan Hari Suci Waisak diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan memupuk toleransi antarumat beragama di Kota Tomohon dan seluruh Indonesia.

×
Berita Terbaru Update