Notification

×

Iklan

Iklan

Gunung Ruang Bereaksi, Bupati Joune Ganda: OPD Terkait Segera Lindungi Warga

Selasa, 30 April 2024 | 13:25 WIB Last Updated 2024-04-30T05:25:34Z


MINUT KOMENTAR-Gunung Ruang yang kembali aktif dan mengeluarkan abu vulkanik serta semburan api disertai material panas dini hari tadi, menembus hingga ke Kabupaten Minahasa Utara.


Hal itu langsung direspon cepat oleh Bupati Joune Ganda dengan memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melindungi warga.



"Lindungi warga dengan berbagai alat pelindung seperti masker dan alat kesehatan lainnya. Termasuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis. Abu vulkanik sangat berbahaya terhadap kesehatan warga,"ujar suami Rizya Ganda Davega ini.




Selain itu, Bupati juga memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan  untuk meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah yang juga menjadi sasaran abu vulkanik. 



Hal itu langsung di respon cepat oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Stela Safitri dengan membagikan masker kepada warga terampak. Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis.


Sama halnya dengan Dinas Pendidikan  yang langsung menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah yang juga terdampak.



Ssmentara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Ir. Novly Wowiling M.Si mengatakan Pemkab Minut akan menggelar rapat bersama dengan Forkompinda guna membahas penetapkan status tanggap darurat bencana  Gunung Ruang.


"Ada sekolah yang sudah diliburkan karena terdampak semburan abu vulkanik yang disebabkan oleh erupsi Gunung Ruang. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan warga,"ungkap Sskda.


Jose


×
Berita Terbaru Update