Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota Tomohon Diwakili Staf Ahli Walikota Ronald Kalesaran Menghadiri Bimtek Peningkatan SAKIP

Selasa, 05 Maret 2024 | 08:43 WIB Last Updated 2024-03-05T00:43:14Z


TOMOHON KOMENTAR - Staf Ahli Walikota Tomohon, Ronald Kalesaran, menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertema "Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)" yang digelar di Wise Hotel Tomohon pada Rabu, 28 Februari 2024.


Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Walikota membacakan sambutan dari Walikota Tomohon yang menekankan pentingnya SAKIP dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.


SAKIP dianggap sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan dan mendorong inovasi dalam desain program dan kegiatan, serta sebagai dasar bagi pemberian reward dan punishment.


Staf Ahli Walikota juga menegaskan perlunya efektivitas dan efisiensi instansi pemerintah secara konsisten dan berkelanjutan. Efisiensi harus dibangun secara sistemik, bukan melalui kebijakan-kebijakan temporal yang tidak berkelanjutan.


Beliau juga menyoroti pentingnya konsistensi antara perencanaan, penganggaran, dan capaian kinerja yang dilaporkan dalam SAKIP.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI, Arif Lukman Hakim, serta mewakili Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tomohon, Jein Mogot SE. Peserta bimtek dari berbagai instansi pemerintah juga turut hadir untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan terkait implementasi SAKIP.


Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan mendorong praktik-praktik terbaik dalam penerapan SAKIP untuk meningkatkan akuntabilitas dan kinerja instansi pemerintah di Kota Tomohon.

×
Berita Terbaru Update