Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Awal Tahun 2024, Mantiri Beber Capaian Prestasi Ditahun 2023

Kamis, 04 Januari 2024 | 12:01 WIB Last Updated 2024-01-04T04:01:48Z
Ir. Maurits Mantiri MM, Walikota Bitung Dengan Segudang Prestasi 2023 (Foto Istimewa)


BITUNG KOMENTAR, Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM Membeberkan raihan prestasi dan pembangunan kota  sepanjang tahun 2023 dalam rangka mengawali tahun 2024. 


Capaian Prestasi dan optimisme tersebut, tertuang dalam Materi Sambutan Pemerintah daerah, yang disampaikan kepada warga Gereja dalam seluruh peribadatan Tahun Baru, pada senin , (01/01/04).


Walikota dalam sambutannya, membuka dengan raihan ke 12 kalinya secara berturut laporan keuangan pemerintah kota Bitung, meraih predikat OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP), dan menduduki peringkat 1 (Satu) dalam REALISASI penyerapan angggaran tingkat nasional. 


Selanjutnya, di tahun 2023 Pemerintahan Kota Bitung dibawah kepemimpinan Ir..Maurits Mantiri MM, menjadi terbaik 1 (satu) pelaksanaan standar pelayanan minimal tingkat propinsi Sulut. Bahkan meraih penghargaan prestise dibidang kebersihan sebagai kota peraih Adipura Kencana. 


Pada penjelasan itu, walikota menyampaikan bahwa dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional maka telah dilaksanakan sejumlah program Percepatan diberbagai bidang, yang juga menunjukan keberhasilan. 


Dia mencontohkan, 


1. BIDANG INFRASTRUKTUR:  DENGAN MENGEMBANGKAN RUANG TERBUKA PUBLIK, DAN PEMBANGUNAN DAERAH MELALUI INOVASI HELM MERAH DAN HELM KUNING.


2. BIDANG PENDIDIKAN: PEMBELAJARAN METODE GASING DENGAN PESERTA TERBANYAK DAN MENDAPAT REKOR MURI, SERTA KERJASAMA DENGAN GOOGLE INDONESIA UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN DI KOTA BITUNG


3. BIDANG KESEHATAN:

UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC) PELAYANAN MUTU KESEHATAN YANG KONSISTEN 


4. BIDANG PARIWISATA: KEDATANGAN KAPAL PERANG JS SHIMAKAZE DARI JEPANG, DAN KAPAL PESIAR MV. ARCADIA. SERTA KEGIATAN DIGITAL NOMAD SEBAGAI LANGKAH UNTUK MENDORONG PENGEMBANGAN DAERAH WISATA

 

5. BIDANG PERTANIAN: PENANAMAN SEREH WANGI UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN PETANI DI KOTA BITUNG.

 

Prestasi dan catatan positif jni disadari Walikota, tidak bisa dilaksanakan tanpa kerjasama semua pihak. Karena itu dalam sambutan, dia Juga memberikan apresiasi kepada jajaran Forkopimda, pemerintah daerah, sektor swasta, Tokoh agama, tokoh ormas dan seluruh elemen masyarakat yang telah berjuang mewujudkan konsep Kerja Malendong. 


Pada bagian lain,  Walikota secara khusus juga menyampaikan tantangan dan kondisi ekonomi 2023, yang mengalami pelambatan bahkan resesi secara nasional bahkan global. 


Karena itu ditahun 2023, Pemerintah daerah berjuang mempertahankan kondisi perekonomian agar tetap terjaga, terutama dalam mengendalikan laju inflasi. 


Maka dilaksanakan pemerintah berbagai program substannsi sebagai stimulan, agar kondisi perekonomian tetap pada alur yang ideal. Diantaranya : 


PEMBERIAN BANTUAN KEPADA MASYARAKAT MISKIN, LANSIA, UMKM, DAN NELAYAN; 

PEMBERIAN BANTUAN BIBIT TANAMAN DAN AYAM PETELUR; 

MEMBUKA OPERASI MINYAK GORENG UNTUK MASYARAKAT; 

KEGIATAN PASAR MURAH YANG DI SELENGGARAKAN DI 8 (DELAPAN) KECAMATAN; 

PEMBAGIAN DAGING SECARA GRATIS MENJELANG NATAL SEBAGAI KEGIATAN YANG BERKELANJUTAN.


Dampak dari berbagai kebijakan tersebut, memberikan situasi kondusif bagi laju perkembangan pembangunan ekonomi secara menyeluruh.


Sementara dibidang pelayanan publik. Atas segala upaya dan kerja keras jajaran. Pemerintah dan masyarakat, maka dipenghujung tahun 2023 Kota Bitung meraih peringkat 5 (Lima) secara nasional, dari 98 pemerintah kota dan 414 pemerintah kabupaten se Indonesia, dalam kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik atau opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 melalui komisi Ombusdman, dengan nilai 97, 16 zona hijau kualitas tertinggi grade A. 


Diakhhir kata, ditahun baru 2024, walikota berharap Warga Gereja komitmen tetap bersatu dalam semangat memupuk dan menjaga persaudaraan bagi seluruh masyarakat Kota Bitung, sehingga kerja keras bersama 2023 dapat dilanjutkan ditahun 2024, bahkan dengan prestasi yang lebih baik. ****


×
Berita Terbaru Update