Notification

×

Iklan

Iklan

Adrie Paat Sosialisasi SKP di SMP N 4 Tondano

Jumat, 12 Januari 2024 | 09:57 WIB Last Updated 2024-01-12T01:57:52Z


MINAHASA, KOMENTAR-Staff Khusus (Stafsus) Penjabat Bupati Minahasa Bidang Pendidikan, Drs. Andrie K. Herman Paat M.AP., memberikan materi Penguatan Kinerja Guru. Kegiatan itu berlangsung di SMP Negeri 4 Tondano, Kamis (11/01/2024).



Kegiatan pelatihan mandiri komunitas belajar mapalus SMP Negeri 4 Tondano itu mencakup Sosialisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dan Penguatan Pendidik.


Kedatangan Staff khusus Bupati Minahasa Bidang Pendidikan bersama Pengawas Bina

SMP Negeri 4 Tondano Fice Rompis MPd, dalam rangka memenuhi undangan Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4 Tondano Melky Palilingan, M.Pd.


Staff khusus Bupati Andrie Paat menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mensuport kembali motivasi para guru agar menyadari tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru yang puncaknya pada peningkatan kinerja.


“Saya harap semua guru dapat mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.


Ia menuturkan, guru-guru yang ada sekarang seperti di SMPN 4, ada yang senior dari segi masa kerja. Mereka diharapkan dapat menjadi contoh bagi para guru yang lain misalnya, klasifikasi belum senior tapi juga guru-guru yang masih yunior.


Supaya, lanjut dia, semua guru-guru yang ada itu tetap berjalan pada satu koridor yang sama. Artinya, tidak ada guru yang mendahului guru yang lain.


Ia berharap agar kinerja guru itu merata. “Kalau kinerja guru baik, otomatis dampak positifnya ke peserta didik, terutama kualitas lulusan.”


“Sebab, walaupun proses berjalan tapi kualitas lulusan tidak menjawab harapan orang tua dan masyarakat, itu kembali lagi kepada kinerja guru,” ia menambahkan.


Dalam kesempatan itu juga, para guru menerima materi dari Pengawas Bina SMPN 4 Tondano, Fice Rompis M.Pd, tentang sasaran kinerja pegawai (SKP)


Fice Rompis mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan raport mutu pendidikan sekolah yang ada di SMP Negeri 4 Tondano.


“Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga sesuai dengan kebutuhan, termasuk tentang pengelolaan kinerja yang ada di Platform Merdeka Mengajar (PMM).


Ia menyebutkan, segala penilaian kinerja guru untuk tahun 2024 ini dinilai melalui aplikasi yang terkoneksi dengan kementerian dan BKD.


Hal itu, kata dia, pasti akan berimbas bagi guru itu sendiri dengan pelayanan-pelayanan yang ada. Dampak semuanya itu adalah peningkatan mutu pendidikan agar peserta didik betul-betul menjadi siswa yang memiliki profil pelajar Pancasila.


“Jadi, apa yang kami lakukan ini adalah salah satu bentuk untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bentuk pelayanan tentang bagaimana pemberian pelajaran kepada peserta didik,” ia menambahkan.


Sebelumnya, kegiatan itu diawali dengan ucapan selamat datang oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tondano, Melky Palilingan, MPd.


Dalam laporan singkatnya, dia mengatakan sudah dua Tahun tiga Bulan menjadi Kepala Sekolah di SMPN 4 Tondano. Ia mengaku bangga kepada semua guru yang ada.


“Guru -guru di sini sangat luar biasa menopang saya. Sehingga dua tahun berturut-turut ini, SMPN 4 Tondano berhasil meraih juara umum di setiap iven yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa,” ujarnya.


Ia menyebutkan, banyak hal yang sudah ditorehkan oleh para guru di sini, namun saya rasa itu belum lengkap. Karena regulasi dalam aturan pendidikan begitu cepat.


“Sehingga kami dengan cepat pula mengagendakan kegiatan-kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kinerja para guru,” ia menambahkan. (MK)


×
Berita Terbaru Update