Notification

×

Iklan

Iklan

HUT ke-151 GMIM Galilea Watumea, Ini Pesan Bupati Jemmy Kumendong

Minggu, 10 Desember 2023 | 22:47 WIB Last Updated 2023-12-10T14:47:14Z


MINAHASA KOMENTAR -
Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, beribadah bersama jemaat GMIM Galilea Watumea di gedung Gereja 'Tua' Watumea, wilayah Tandengan, Minggu (10/12/2023).

 

Ibadah dirangkaikan dengan ibadah syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-151 gedung gereja GMIM Galilea, dipimpin Khadim Pdt Heski Manus M.Th, mengambil pembacaan dari Alkitab Yesaya 8:23 - 9:1-6.


Khadim Pdt Heski Manus dalam khotbahnya. mengatakan, ibadah yang dipandu dengan menggunakan bahasa daerah Minahasa menyatu dengan gedung Gereja berbahan 95 persen dari kayu yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya. 


"Namun tidak sekedar benda, tetapi narasi iman, doa, puji, sembah, sukacita dan syukur dinaikkan dari Gedung Gereja ini," kata Pdt Heski Manus.


Ia menyebutkan, kita merenung di masa Advent kedua ini menanti Dia (TUHAN) yang akan datang. Kita belajar predikat yang melekat pada Dia Sang Raja Damai.


Sementara itu, Bupati Jemmy Kumendong dalam sambutannya mengaku terkesan dengan keberadaan gedung Gereja. 


"Situasi dan kondisi masih sangat alami dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Perlu peran serta semua jemaat untuk menjaga keberadaan dan terpelihara," ujarnya.


Disamping itu, kata dia, penggunaan bahasa daerah dalam peribadatan. Hal ini mempertahankan budaya sekaligus jati diri kita sebagai Tou Minahasa.


"Keberadaan jemaat dan gereja yang sudah mencapai 151 tahun merupakan momen yang penuh sukacita untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan iman," ucapnya.


Bupati menambahkan, menghadapi pesta demokrasi, Pemilu Pilpres dan Pileg jangan sampai membuat kita saling menebar kebencian dalam mendukung calon yang berbeda. Pertahankan damai dan sukacita Natal.


"Esensi dari sebuah pemilihan untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik dengan sebijak mungkin. Jangan terpengaruh berita hoax, apalagi menyebarkan hingga menimbulkan ketidaknyamanan," pesannya.


Ia menambahkan, masa kemarau yang baru dilewati sangat memukul produksi pertanian di daerah namun bisa dilewati. Untuk itu mari kita terus giat berusaha dan bekerja. 


Turut hadir: Jajaran Pemkab Minahasa, Kaban Bapedda Jefri Tangkulung, Camat Eris Hendrik Lombogia, Ketua BPMW Tandengan, Pdt Raymond Rende STh, Ketua Jemaat GMIM Galilea Watumea, anggota DPRD Minahasa, Kapolsek Eris, Danramil Eris, para pelayan khusus, tokoh agama, tokoh masyarakat, para calon legislatif dan seluruh jemaat.(nes)

×
Berita Terbaru Update