Notification

×

Iklan

Iklan

Tinjau Desa Binaan Pangan B2SA, Kadis Pangan Sulut Jemmy Lampus Sebut Desa Panasen Jadi Percontohan

Kamis, 02 November 2023 | 00:54 WIB Last Updated 2023-11-01T18:28:27Z


MINAHASA KOMENTAR -
Desa Panasen, Kecamatan Kakas Barat, menjadi percontohan, bagi desa-desa lain di luar Kecamatan Kakas Barat.


Hal itu dinyatakan Kepala Dinas (Kadis) Pangan Sulawesi Utara (Sulut) Jemmy Lampus, saat meninjau Desa Binaan Pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Sehat dan Aman), Rabu (1/11/2023) di Desa Panasen, Kecamatan Kakas Barat.


Dia mengatakan, saat ini kami meninjau Desa Panasen yang menjadi salah satu dari dua desa di Sulawesi Utara selain Desa Munte Likupang.


"Saya melihat program B2SA ini berjalan sangat baik, selain itu, dukungan masyarakat dan pemerintah daerah sangat luar biasa," ujarnya.


Mungkin saja, kata dia, pengembangan berikutnya akan melibatkan desa-desa lain di Minahasa. jadi, nanti bisa saja menggunakan dana desa untuk melaksanakan kegiatan seperti ini.


Sehingga, lanjut dia, anak-anak balita, dan ibu hamil dapat didukung dengan makanan yang berimbang, bergizi, segar dan aman. Hal ini tentunya akan menjadi pola pemberian pangan di Kabupaten Minahasa.


"Untuk di Minahasa, Desa Panasen menjadi percontohan. Mudah-mudahan tahun depan ini bisa dikembangkan sampai ke desa-desa lain, di luar Kecamatan Kakas Barat," imbuhnya.


Ia menuturkan, program tahun ini akan selesai pada akhir November 2023, dan tahun depan akan dilanjutkan di desa lain. 


Dia menegaskan, bisa saja program ini akan di support dari dana daerah, atau dana desa untuk melanjutkan kegiatan di desa Panasen juga pengembangan di desa lain.


Selanjutnya dia mengatakan, ini juga termasuk penanganan stunting, karena yang menjadi target adalah ibu hamil, dan anak-anak yang masih menyusu.


Ia menambahkan, program ini juga bukan sekedar pemberian makanan, tetapi program edukasi yang nantinya akan mereka terapkan, baik di keluarga, mau pun masyarakat lain agar bisa mengikuti program serupa.


Sementara itu, Hukum Tua Desa Panasen, Leo Steven Tikoh mengatakan, kiranya sinergitas antara pemerintah desa, kabupaten, provinsi, hingga pemerintah pusat dapat menjadi suatu bagian inspirasi bagi masyarakat, tentang bagaimana menjaga kesehatan, terlebih khusus tumbuh kembang dari anak-anak.


"Sehingga generasi kita kedepan menjadi generasi yang lebih baik lagi," ia menambahkan. (nes)

×
Berita Terbaru Update