Notification

×

Iklan

Iklan

Ronny Sompie Berpeluang Raih 1 Kursi DPR-RI Dapil Sulut

Senin, 06 November 2023 | 18:48 WIB Last Updated 2023-11-06T10:48:34Z

RONNY SOMPIE


MANADO KOMENTAR-Persaingan politik di Sulawesi Utara guna mendapatkan kursi DPR-RI sangat kentara dan terbilang ketat. Namun begitu tidak menyurutkan langkah  sejumlah politisi Partai Golkar untuk meraih dua kursi DPR-RI.


Dengan line up Bakal Calon DPR-RI Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara, yang dihuni oleh figur-figur yang sangat populer, seperti Ketua DPD Golkar Sulut Tetty Paruntu, yang pernah menjadi Bupati Kabupaten Minsel dua periode nomor urut 1, lalu dinomor urut 2 Wamendag Dr Jerry Sambuaga, nomor urut 3. Dr. Ronny F. Sompie, SH. MH, 4. Sitti Marijam Thawil, nomor urut 5 Adrian Jopie Paruntu, dan 6. Feryando Lamaluta, seolah menjadi gambaran akan kembalinya kejayaan Partai Golkar di Pemilu 2024 mendatang.


Enam Figur Bacaleg DPR-RI Dapil Sulut Partai Golkar

Dari pembicaran diberbagai ruang terbuka di Kota Manado yang merupakan barometer politik Sulawesi Utara, Golkar disebut sebagai partai yang bakal meraih dua kursi DPR-RI.


Menariknya nama Irjen Pol Dr. Ronny Franky Sompie disebut-sebut sebagai figur yang bakal meraih kursi pertama, apabila Golkar meraih dua kursi pada Pileg bulan Januari 2024 mendatang.


Kendati begitu, figur Tetty Paruntu dan Jerry Sambuaga serta Adrian Jopie Paruntu tidak dikasampingkan karena ketiganya bakal membawa suara yang signifikan guna menuntaskan terget kursi ke Senayan.


"Saya yakin Golkar mampu merebut dua kursi DPR RI,"ujar pengamat politik papan atas Sulut Prof. Berni Kusen. MA di Manado hari ini Senin, (05/11/2023).


Harus diakui kata Kusen, Sulut sebelumnya adalah basis Partai Golkar sebelum digesar oleh partai lain.


"Komposisi Bacaleg DPR-RI yang dihuni oleh sejumlah figur fenomenal dipastikan dapat mengembalikan kejayaan Golkar di sulawesi Utara,"tandasnya.


Sementara itu Dr. Ronny Franky Sompie Caleg nomor urut tiga, mengaku sangat optimis Golkar mampu mengembalikan kejayaannya pada pileg bulan 2024 mendatang sekaligus mempertegas  langkah Partai Golkar  meraih 20 persen perolehan kursi Senayan, sebagaimana telah dicanangkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.


"Saya optimis dan sependapat dengan Prof Berni Kusen, Golkar dapat mengambalikan kejayaannya dan meraih dua kursi ke Senayan pada Pileg 2024 mendatang, sekaligus mengamankan target DPP Golkar meraih 116 kursi kursi,"ungkap Ronny Sompie setelah menerima kabar adanya komposisi DCT yang baru diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini, Sabtu (04/11/2023).


Sompie berujar, selain nama-nama besar yang disandang para Caleg Golkar ini, yang dinilai dapat menjadi nilai tambah dalam menambah pundi-pundi suara Golkar Sulawesi Utara, pihaknya juga sedang menjalankan instruksi partai untuk melakukan sosialisasi di akar rumput.


Menjawab instruksi partai tersebut, Caleg Ronny F. Sompie pun langsung melakukan safari sosialisasi Caleg DPR RI ke-13 Kabupaten dan Kota se Sulawesi Utara. 


Dalam sosialisai program, perhatian RFS berkaitan dengan kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi kekayaan ekonomi, budaya serta kekayaan alam di setiap Kabupaten dan Kota yang dikunjungi. Baginya, dengan budaya dan kearifan lokal yang baik, kita bisa bersaing secara global. 


Di Kabupaten Sangihe, contoh RFS, Ia memberikan perhatian terhadap UMKM penghasil mie dari sagu. Selain itu, industri kreatif berbasic kearifan lokal seperti pembuatan kursi meja dari bambu batik dan pembuatan musik bambu melulu. Dari segi budaya, RFS melihat kekuatan budaya Masamper yang bisa dijual dan pasti akan diminati wisatawan. Membuktikan keseriusannya, RFS bahkan secara khusus ke daerah penjaga perbatasan itu untuk menyaksikan secara langsung Lomba Masamper yang diselenggakaran oleh Pria Kaum Bapak (PKB) Sinode GMIST beberapa waktu lalu. 


Dalam hal kelautan, Caleg RFS mendapatkan informasi tentang peluang para nelayan untuk dapat mengekspor ikan terutama Tuna hasil tangakapannya ke Philipina tanpa harus ke Pelabuhan Bitung, karena harga ikan Tuna di Philipina Rp 250.000 per Kg, sementara di Pelabuhan Bitung hanya Rp 60.000 per Kg apalagi di Tahuna hanya Rp 40.000 per Kg.


Di Bolmong Raya perhatian Caleg RFS diarahkan kepada hasil pertanian padi, pala, kelapa dan cengkih termasuk kesulitan yg dihadapi para petani dengan adanya birokrasi yg menyulitkan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari Pemerintah. 


Di Minahasa Raya termasuk Bitung dan Manado sangat banyak hal yg diperoleh sebagai masukan yg bisa dibawa oleh Caleg RFS, ketika amanah sebagai Anggota DPR RI diberikan kepadanya, untuk diperjuangkan di DPR RI Senayan. 


Perhatian terhadap upaya pembangunan SDM di Sulut juga menjadi perhatian Caleg RFS, terutama bagaimana cara memperjuangkan peluang bagi anak2 lulusan SMA, agar bisa diterima di sekolah kedinasan yang bisa memberikan beasiswa bagi mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu (AKPOL, AAL, AAU, AKMIL, STPDN, STAN, POLTEKIM, POLTEKIP, dsb).


Demikian juga berkaitan dengan upaya penghijauan hutan dan ajakan marijo batanam utk memperkuat ketahanan pangan di Sulut menjadi perhatian Caleg RFS juga. 


Caleg RFS pernah mengajak warga di kampungnya juga keluarga besar Sompie untuk menanam pohon di hutan lindung Gunung Klabat dalam rangka mengantisipasi terjadinya erosi dan tanah longsor juga banjir di daerah sekitar Gunung Klabat sebagaimana terjadi di awal tahun 2023 yg lalu. 


Joppy Senduk

×
Berita Terbaru Update