Notification

×

Iklan

Iklan

Pemukulan Tetengkoren Tandai Pembukaan Minahasa Wakefest 2023, Meriah dan Oke Punya!

Jumat, 24 November 2023 | 21:58 WIB Last Updated 2023-11-27T04:08:15Z


MINAHASA KOMENTAR -
Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sedang bikin hajatan internasional nih!


Apa itu? Ya, kejuaraan series ASIA 2023 dari International WakeSurf and Wakeboard Federation (IWWF) dengan tagline “Lake Tondano, Home For Everyone” yang berlangsung di Tondano, Kabupaten Minahasa.



Pesta olahraga bertaraf internasional ini dibuka langsung oleh  Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Jumat (24/11/2023) dengan nama Minahasa Wakefest 2023.


Pembukaan ditandai dengan pemukulan tetengkoren yang dilakukan oleh Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, Ketua Panitia Pelaksana Rio Dondokambey, Sekdaprov Sulut Steve Kepel, Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong, Presiden IWWF Asia Thomas Liem, dan Pengurus PSAWI (Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia).



Event yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Minahasa itu tidak tanggung-tanggung diikuti peserta dari manca negara seperti China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand. 


Tercatat 84 atlet mancanegara telah mendaftar, berasal dari tujuh negara, yaitu China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand.



Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat sehingga menyuksesnya pelaksanaan event internasional 2023 ini. 


"Kami mengundang seluruh masyarakat. Karena di samping event bergengsi ini maka kita juga menghadirkan atlet-atlet luar negeri, " ujarnya.



Sementara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga membawa dampak positif bagi daerah Sulawesi Utara dan Minahasa khususnya.



Dalam kesempatan, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw selaku Ketua KONI Sulut mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta.


Dia berharap semoga selain menikmati jalannya tunamen, para peserta juga dapat menikmati keindahan pemandangan danau Tondano, kecantikan dan keramahan para penduduk serta menikmati kuliner khas setempat, sehingga menjadi daya tarik untuk kembali berkunjung ke Sulawesi Utara.


Wagub menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey yang telah mendukung jalannya kegiatan ini.


Ia menyebutkan, Wakefest Minahasa 2023 akan membuka peluang bagi penyelenggaraan event internasional lainnya di Sulawesi Utara.



Ketua Panitia Rio Dondokambey dalam kesempatan itu mengajak semua pihak termasuk masyarakat lokal agar bersama-sama mensukseskan acara ini. 


"Tugas kita sebagai warga lokal adalah memastikan agar para peserta pulang dengan senang dan berkesan serta memberi kenangan yang baik. Itu menjadi tugas kita," ia menambahkan.


Tidak hanya olahraga air ternyata event ini diikuti juga Festival Budaya, Wisata Kuliner, Souvenirs dan Entertainment.



Khusus untuk kompetisi olahraga air akan digelar pada 24-26 November 2023 dengan memperlombakan dua cabang olahraga, yaitu wakeboard dan wakesurf.


Terdapat beberapa kategori yang akan dipertandingkan. Pada cabor wakeboard, ada kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, Advance Men and Women, Masters Men and Women, dan Open Men and Women.


Pada cabor wakesurf, terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, serta Open Men and Women.


Kegiatan ini selain dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey juga Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel, Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong dan Sekretaris Daerah Lynda D. Watania.

 

Lainnya, IWWF Asia President Mr. Thomas Lin, IWWF Executive Director Mr. Paul Fong serta  Kepala Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara termasuk Forkopimda Provinsi dan Forkopimda Kabupaten Minahasa.(nes)

×
Berita Terbaru Update