Notification

×

Iklan

Iklan

Expo Aksi Perubahan PKA, Pj Bupati jemmy Kumendong: Peserta Terbaik akan Diperhatikan

Jumat, 10 November 2023 | 22:07 WIB Last Updated 2023-11-10T14:23:48Z


MINAHASA KOMENTAR -
Penjabat (Pj).Bupati Minahasa, Dr Jemmy Kumendong, membuka expo aksi perubahan pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) Pemerintah Kabupaten Minahasa, di Gedung Wale Ne Tou, Jumat (10/11/2023). 


Kegiatan itu dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara. 



Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dengan tema 'Aksi perubahan digital government' diikuti para peserta yang terdiri dari 43 pejabat eselon III Pemkab Minahasa.


Dalam sambutannya, Bupati Kumendong mengatakan, jangan sampai inovasi yang telah disampaikan ini hanya menjadi tugas akhir, diharapkan apa yang diciptakan bisa berkelanjutan. 



Bahkan, lanjut dia, ada yang bisa dipertandingkan di tingkat LAN. Nanti yang terbaik dapat diberikan anggaran untuk tahun depan. 


Selain itu, kata dia, yang terbaik akan diperhatikan untuk mengikuti Diklat PIM 2 dan menjadi salah satu parameter untuk daftar tunggu pejabat eselon 2.


Dalam kesempatan itu, Bupati Kumendong memberikan apresiasi kepada para pembimbing dan peserta, menurut dia kegiatan tersebut sangat berharga bagi kemajuan Kabupaten Minahasa. 


Sebelumnya, Kaban BPSDM Provinsi Sulut, Drs Marhaen Tumiwa MPD, dalam sambutannya mengatakan, sekira 4 bulan para peserta akan diproses dalam kurikulum berperan untuk belajar. 


"Mereka menuangkan ide dan gagasan melalui proses pembelajaran mendiagnosa dan mengidentifikasi masalah serta mencari jalan keluar bagi organisasi yang akan memberi outcome untuk Pemkab Minahasa," kata Tumiwa. 


Ia menjelaskan, tema selama ini adalah smart government sehingga peserta dituntut memiliki digital mainded. 


"Tadinya aparatur teori birokrasi tapi kini teori holakrasi yang berpikir secara fungsi dan Organisasi yang disiapkan birokrat. Peserta dibekali sehingga memiliki knowledge management," ia menambahkan. 


Sebagai informasi, Bupati Jemmy Kumendong diketahui selalu menjadi terbaik saat mengikuti Diklat seperti ini. Mulai dari Adum, PIM 3 dan PIM 2, dirinya berhasil menjadi terbaik, bahkan inovasi proyek perubahan di tingkat PIM 2 meraih peringkat I (satu) nasional yang menjadi cikal bakal dilaksanakannya inovasi proyek perubahan berbasis digital di semua daerah di Indonesia. (nes)

×
Berita Terbaru Update