Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Minahasa Lynda Watania: Perangkat Desa Harus Rendah Hati, Peka dengan Keluhan Masyarakat

Jumat, 27 Oktober 2023 | 02:45 WIB Last Updated 2023-10-27T16:23:54Z


MINAHASA KOMENTAR -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, menjadi narasumber pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa.


Kegiatan itu berlangsung di kantor Desa Wasian, Kecamatan Kakas Barat, Kamis (26/10/23).


Dalam kesempatan itu, Sekda Lynda Watania mengatakan, sebagai Pemerintah Desa maka Perangkat Desa harus memiliki kapasitas dan kompetensi dalam tugasnya.


Saat ini, lanjut dia, kita ketahui bahwa minahasa adalah wilayah terbesar di sulut, dan merupakan penyangga wisata. 


"Jadi konsep pembangunannya sudah terencana. Karena itu, perangkat desa harus memiliki kapasitas dan berkompeten untuk berkomunikasi dan mensosialisasikan," kata Watania.


Disamping itu, kata dia, harus memiliki kemampuan intelektual, dan dituntut memiliki keterampilan dalam memanfaatkan ilmu dan teknologi.


Dia mencontohkan, misalnya tentang pengunaaan aplikasi pelayanan publik, maka perangkat desa harus manfaatkan digitalisasi.


Selain itu, perangkat desa harus memiliki kecerdasan emosional, bersikap rendah hati dan peka terhadap berbagai keluhan masyarakat.


Selanjutnya dia mengatakan, Pemkab Minahasa terus berupaya dalam penanganan stunting, dan itu menjadi prioritas.


"Karena itu, diharapkan Pemerintah Desa dapat bekerja sama dan bersinergi dalam upaya penanganan stunting," ia menambahkan.


Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut yakni, mewakili Kejari Minahasa, Kapolsek Kakas, Inspektorat , dan Dinas PMD.


Turut hadir: Kepala Bagian Tata Pemerintahan Minahasa, Dra. Jenie Sangari, MAP, Camat Kakas Barat, Hukum Tua, dan perangkat desa. (nes)

×
Berita Terbaru Update