Notification

×

Iklan

Iklan

Jakarta Tempat Pelaksanaan HPN 2024, Lontaan: Ketua PWI se-Sulut Wajib Hadir

Jumat, 27 Oktober 2023 | 09:47 WIB Last Updated 2023-10-27T01:47:44Z

VOUKE LONTAAN


MANADO KOMENTAR-Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun telah menetapkan Jakarta sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dengan mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa”.  




“Acara puncak HPN  berlangsung tanggal 9 Februari 2024 di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Jakarta, yang diharapkan dapat dihadiri oleh Presiden Jokowi,”ujar Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HPN 2024, Marthen Selamet Susanto dalam rapat persiapan HPN 2024 di Kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih No 34, Jakarta, Rabu (25/10).




Berbeda dengan perayaan Hari Ulang Tahun PWI sebelumnya, HPN 2024 kali ini sangat istimewa karena akan dilaksanakan lima hari menjelang pelaksanaan pesta demokrasi, yakni pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) tanggal 14 Februari 2024 mendatang.




HPN 2024 adalah Hari Pers Nasional  pertama di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun. Saat acara serah jabatan pengurus PWI Pusat, beberapa hari lalu, Ketua Umum PWI Hendry Ch Bangun mencanangkan PWI Merah Putih, PWI yang berwawasan kebangsaan.




Dengan menyatakan PWI kembali ke Khittah 1946, berarti PWI ingin menegaskan kembali nilai perjuangan terkait keberagaman bangsa Indonesia dan Kemerdekaan Pers. Sikap itu dipertegas lagi dengan mengusung tema HPN 2024, “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa”.




Wakil Sekjen PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane mengatakan gagasan-gagasan besar PWI terkait nilai kebangsaan juga akan dipromosikan lewat acara-acara yang dikemas dalam “Road to HPN 2024”.  




“Kita ingin penyelenggaraan kali ini berbeda, tak saja menjadi pestanya masyarakat pers, tapi bisa juga dikenal oleh lapisan masyarakat lainnya,”tambah Raja Pane.




Ketua Bidang 1 HPN 2024 Agus Sudibyo mengatakan, acara seminar dan konvensi yang diadakan dalam rangka HPN 2024, tidak hanya ditujukan menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat pers, tapi juga isu-isu lainnya yang terkait tantangan pembangunan nasional.




“HPN diselenggarakan bukan saja untuk masyarakat pers, tapi juga sebagai kado ulang tahun PWI untuk bangsa Indonesia,”tambah Agus Sudibyo.




Salah seorang tokoh pers nasional, Marah Sakti Siregar mengatakan, salah satu acara unggulan HPN 2024 adalah dialog kebangsaan yang akan menampilkan tiga calon presiden dan wakil presiden di Kantor PWI Pusat.




Menurut Marah Sakti, masyarakat pers, organisasi PWI sangat berkepentingan hadirnya pemimpin nasional yang mengerti, memahami dan berpihak kepada nilai perjuangan kemerdekaan pers—sebagai salah satu pilar demokrasi, serta memiliki program kerja yang dapat memajukan kehidupan pers di Tanah Air, termasuk kesejahteraan wartawan. 




Sementara itu dari Manado, Ketua PWI Sulut Drs. Vouke Lontaan menyambut baik pelaksanaan HPN 2024 di Jakarta pada tanggal 9 Februari mendatang.



"Ini adalah perayaan terbesar bagi seluruh wartawan, terlebih khusus pengurus dan anggota PWI yang ada di Indonesia. Ini sekaligus menjadi ajang silaturahmu atau pertemuan rekan-rekan anggota PWI. Jadi ini adalah momentum yang paling berharga yang harus kita hadiri bersama,"kata lelaki penyandang Ketua PWI Sulut dua periode ini.



Pada  bagian lain, Lontaan meminta agar seluruh Ketua PWI se-Sulawesi Utara dapat menghadiri acara tahunan PWI itu.



Kehadiran para Ketua PWI se-Sulut pada pelaksanaan HPN di Jakarta nanti sekaligus memberikan penghormatan serta dukungan kepada Ketua Umum PWI Hendry CH. Bangun yang baru terpilih lewat Kongres PWI di Kota Bandung Jawa Barat bulan September 2023 lalu.



Selain itu kata Lontaan, pelaksanaan HPN 2024 di Jakarta nanti, diperkirakan dihadiri enam kandidat Calon Presiden dan Wakil Presiden RI ke-8.



"Perayaan HPN di Jakarta kali ini akan sangat menarik karena selain bertemu dengan Ketua Umum PWI yang baru Bpk. Hendry CH. Bangun, kita juga akan menyaksikan langsung kehadiran enam bakal  calon Presiden dan Wakil Presiden RI ke-8. Itu sebabnya seluruh Ketua PWI se-Sulut diwajibkan untuk hadir dalam kegiatan tersebut,"tandas Lontaan.


Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update