Notification

×

Iklan

Iklan

Rudi Theno Pastikan FPSL 2023 Siap Digelar

Rabu, 04 Oktober 2023 | 01:41 WIB Last Updated 2023-10-08T17:38:05Z
Konferensi Pers Panitia FPSL dipimpin Sekda
 Ir. Ign. Rudi Theno S.T.,M.T (03/10/03)

BERITA KOMENTAR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung Ir. Ign Rudi Theno ST MT Memastikan, Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL)Tahun 2023 siap Digelar. FPSL dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bitung dan masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia tersebut, akan dilaksanakan Rabu (04/10/2023) hingga (10/10/2023), di beberapa lokasi prestisius Kota Bitung.


Tahun ini FPSL 2023 mengangkat tema dan tag line  SEE IT, LOVE IT, ENJOY IT.  SEE IT, mengajak #kawanFPSL untuk melihat bagaimana kemeriahan dan kebahagiaan yang dihadirkan di FPSL. LOVE IT, #kawanFPSL langsung mencintai FPSL. ENJOY IT,  #kawanFPSL menikmati setiap kemeriahan di FPSL. 


Rudi Theno yang juga merangkap ketua harian Panitia FPSL 2023, dalam konferensi pers, digedung Bitung Creatif Center (BCC) Selasa (03/10/2023) menjelaskan secara historis pelaksanaan FPSL semenjak 2009 silam.


Dia menguraikan, sejak awal FPSL dilaksanakan pengusaha perikanan pada  tahun 2009, sebagai bentuk ungkapan syukur atas hasil tangkapan perikanan yang melimpah. Pemerintah mengambil alih kegiatan pada 2016, dan namanya dirubah menjadi Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL). Kegiatan yang dulunya sebagai pesta ucapan syukur, beralih menjadi even pariwisata berskala global. 


Sejak tahun 2016 hingg 2019, data menunjukan peningkatan angka kunjungan dalam FPSL. Sekitar 200an ribu warga, terdata memeriahkan dan mengunjungi festival. 


 "Hal inilah yang membuat masuk dalam Calender of Event Indonesia dari ribuan even yang diselengarakan di nusantara," kata Rudy.


Pasang surut pelaksanaan FPSL pernah memasuki masa kelam. Terutama, ketika dilaksanakan secara online, akibat dampak pandemi Covid 19 ditanam air dan dunia. Nanti pada 2022 usai pandemi berlalu, terjadi lonjakan pengunjung yang sangat signifikan.  


Ruddi menjelaskan, pada momen FPSL 2023, dia optimis kemeriahan dan kualitas serta kesuksesan even akan lebih booming. Sejak jauh hari, kedatangan turis yang sudah terkonfirmasi.


 " Sejak 2 Minggu terakhir, ratusan turis dari 13 negara, sudah bermukim di Kelurahan Batuputih Kecamatan Ranowulu, untuk menyambut even FPSL. Kita juga lagi bersiap pada 8 Oktober kehadiran 2 ribuan pengunjung lewat kapal pesiar” Pungkas Rudi.  


Pada kesempatan itu, Rudi juga menjelaskan sasaran perekonomian dalam kegiatan FPSL. Mulai pemberdayaan masyarakat dari para juru bahasa hingga UMKM. Dipusat Kota tepatnya di Gedung Kreatifitas UMKM BCC hadir ratusan pelaku usaha. Pelabuhan TNI AL Samuel Languyu yang akan menjadi tempat lomba olahraga air keselurahan, dan perkenalan kawasan lembeh Boulevard.


Selain turis mancanegara, juga kegiatan melibatkan ratusan sumber daya lokal. Sekitar 400 talenta luar biasa akan disuguhkan, seperti Bassgilano, Teddy Salendah, Zaitun Voice dan Gunawan.  Selain itu, dipanggung utama menghadirkan Cak Lontong dan Tipe-X. Raja Gimbal Sulut, Jarank Pulang dan Gio Idol. 


Dalam even ini akan hadir 33 Lapak UMKM sesuai umur Kota Bitung yang ke 33 dan UMKM Tenant On The Street sebanyak 70.


Pada akhir penjelasan, Rudi Theno juga menyampaikan keterlibatan 108 orang lokal dalam panitia. Bahkan yang membanggakan tahun ini banjir sponsor. Menurutnya, total 12 badan usaha yang berani mengelontorkan dana hingga ratusan juta untuk kegiatan ini. 


“ Saya yakin FPSL tahun 2023 ini, akan menghadirkan acara spektakuler dan dampak fenomenal bagi masyarakat kota Bitung” Kata Rudi Theno. 


FPSL 2023, sesuai rilis Panitia mengungkap jadwal dan lokasi kegiatan, dimulai tim Kesenian dan Budaya dari masayarakat di Lembeh Utara dan Lembeh Selatan akan dihadirkan di Boulevard Pulau Lembeh. 


Dermaga Satrol akan menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan Sailing Pass, Lomba Dayung Perahu Londe, Fishing Competition, Open Water Swimming, Underwater Photography Competition.


 Di BCC Pusat Kota akan menjadi lokasi pelaksanaan Minahasa Culture Festival, Cooking Class & Competition, Costume Carnaval, Pitbull Competition, UMKM & Culinary Expo, Music Concert, Cutting Tuna Show. Puncak perayaan FPSL, Closing Ceremony dan konser musik akan dilaksanakan di Stadion Dua Sudara. ****  


×
Berita Terbaru Update