Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Ribu Warga KGPM Tumpa Ruah, Hadiri Puncak HUT ke-90 Tahun Bersidang Jemaat

Minggu, 29 Oktober 2023 | 22:44 WIB Last Updated 2023-10-29T15:21:06Z

 


SULUTKOMENTAR - Minggu (29/10 2023)Puluhan ribu Warga KGPM se-Indonesia tumpa ruah di-lapangan sparta Tikala Kota Manado Sulawesi Utara, guna menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) Kerapatan Gereja Protestan Minahasa(KGPM) ke-90 Tahun.


Pada Kesempatan itu peringatan HUT ke-90 Tahun KGPM di-awali dengan Ibadah Agung yang di-pimpin langsung Ketua Majelis Gembala KGPM Gembala Verra Mamesah Lintong, yang dalam khotbahnya diambil dari surat Yudas 1 : 17-25, dalam pesan khotbahnya.


 " Bagaimana seseorang bisa mengekspresikan dengan bebas pandangan- pandangan, keinginan ataupun harat bisa punya ruang untuk menyalurkan aspirasi tanpa batas, pemikiran seperti ini adalah gambaran-gambaran yang diwarnai dengan individualistis dan relativisme, saudara apa arti merdeka? bagi KGPM ini bukan sekedar peristiwa yang fenomenal dan monumental menjadi gereja yang bebas dari penjajahan, menjadi gereja yang mandiri, bukan sekedar kebanggaan historis sejarah dibalik upaya bangsa merebut kemerdekaan, namun dibalik kata merdeka mengandung perjuangan yang tiada hentinya." ungkap Gembala Vera M Lintong dalam khotbahnya.


Lanjut, usai khotbah kegiatan HUT KGPM ini di-meriahkan dengan berbagai atraksi tari-tarian, puisi dan paduan suara rohani, selanjutnya aplaus dan apresiasi yang tinggi terlihat dari warga KGPM yang memadati puncak HUT KGPM yang jatuh pada hari ini, minggu 29 Oktober.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sulut  Steven OE Kandouw yang didampingi Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar SH dan Wakil Walikota Manado, dr Richard Sualang, menyampaikan pesan bahwa warga gereja KGPM ini harus benar-benar memiliki dan menunjukan sikap merdeka, Wagub  kemudian juga menyentil khotbah dari Gembala Verra Lintong, yang mengangkat Transformasi politik, dirinya mengingatkan kita semua terus melakukan transformasi. " So Nyanda jaman kalu Torang samua kong jaga meraju, namun juga mengutip kredo dari teolog Calvin gereja yang reformasi dan akan terus mereformasi." ungkap Wagub Steven Kandouw. 


Mengakhiri sambutan, Wagub Steven Kandouw mewakili Pemerintah Provinsi ikut memberikan bantuan dana untuk KGPM, tahun ini sebesar 500 juta dan  pada tahun depan 2024 juga 500 juta, selain itu Wagub dua periode ini turut menyerahkan Hadiah bagi para pemenang lomba paduan suara dan vocal grup, yang juga penyerahan hadiah ini  dilanjutkan Bupati Minsel Frangky Wongkar, Wawali Manado Richard Sualang, dan Ketum PP KGPM Gembala Frangky Londah kepada para pemenang.


Di-sisi lain Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gembala Frangky R Londa, S.Th MA, menuturkan bahwa puncak peringatan HUT KGPM ke-90 hari ini kita sambut dengan dengan hati yang haru dan berbahagia, dirinya menyampaikan kita bole saksikan di-lapangan sparta tikala jemaat dari dalam dan luar Sulawesi Utara yang antusias datang untuk mengekspresikan atas anugerah Tuhan.


" KGPM di-usia ke-90 Tahun dengan segala perkembangan dan dinamika, tetapi juga dengan segala petgumulan dan permasalahan kita tetap percaya bahwa Yesus Kristus yang adalah pemilik Gereja ini dan Yesus Kristus yang layak diagungkan dan dimuliakan." ujar Gembala Frangky Londah 


Ia juga mengatakan KGPM sebagai gereja kebangsaan, dan sebagai gereja merah putih, "Yang menjunjung tinggi nilai kebangsaan dengan mengusung thema Yesus Kristus dalam kebangsaan dan kebangsaan dalam Yesus Kristus." jelasnya.


Sementara itu Ketua Panitia Drs Yan Polii mengatakan terselenggara kegiatan ini atas bantuan dan dukungan seluruh warga KGPM, Pucuk Pimpinan dan Majelis Gembala KGPM, " Mengucapkan trima kasih kepada Pemerintah daerah dan Bank Sulut serta para donatur lain yang turut memberi dukungan dan bantuan moril dan topangan dana demi terselenggara kegiatan HUT ini dengan sukses." terang mantan Ketua umum PP PKB KGPM.


Usai acara, dilanjutkan dengan Pawai Kendaraan Hias sejumlah 33 peserta mewakili Sidang dengan mengusung slogan Marijo Bakobong di-lepas oleh Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gembala Frangky R Londah.


Turut dihadiri, selain Wagub Sulut Steven OE Kandouw, Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, Wawali Manado Richar Sualang, Anggota DPRD Sulut Boy Tumiwa yang juga Ketua dewan pertimbangan.PP KGPM, para Gembala KGPM, Pimpinan PKB, Kaum Ibu PP, Pimpinan Pemuda, Pimpinan Remaja dan Anak, juga, Pimpinan Kaum Lansia dan sekaligus Penasehat PP KGPM Ibu Deitje Sarundajang Laoh Tambuwun, Bapak Ivan Sarundajang, Gembala Andrei's Sengkey dan Mantan Ketum PP Gembala Tedyus Batasina, ketua-ketua wlayah dan Pimpinan Majelis Sidang dan BPS serta seluruh anggota Sidang se-Indonesia yang  berkesempatan hadir. ( jv)


Pemenang Lomba 


Paduan Suara. 


Juara 1 Sidang Anugerah Malalayang Manado

Juara 2  Sidang Even Heazer Bahu Manado

Juara 3. Sidang Centrum Kawangkoan 


Vocal Grup


Juara 1 Sidang Anugerah Malalayang

Juara 2 Sidang Getsemani Tompaso

Juara 3 Sidang Betlehem Rumoong Bawa


Line Dance


Juara 1 Sidang Bathera Ranotana

Juara 2 Sidang Air Hidup Malalayang 1 Timur

Juara 3 Sidang Betlehem Rumoong Bawah






 





×
Berita Terbaru Update