Notification

×

Iklan

Iklan

Pimpin Rapat EPRA, Sekda Lynda Watania Ingatkan Soal Pentingnya Perencanaan dan Penyusunan Anggaran

Rabu, 11 Oktober 2023 | 16:06 WIB Last Updated 2023-10-11T08:06:35Z


MINAHASA KOMENTAR -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM.MSi, memimpin rapat Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Triwulan III Tahun Anggaran 2023. Rapat berlangsung di Aula Benteng Moraya, Rabu (11/10/2023).


Sekda Lynda Watania dalam sambutannya mengatakan, spirit yang diambil pada rapim EPRA kali ini sesuai dengan tema hari ulang tahun kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 yakni "Terus melaju untuk Indonesia maju".


Dia menuturkan, kita memahami bersama bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru berdasarkan undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut, dan taat pada peraturan perundang-undangan. 


"Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya di lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah," katanya.


Sekda menuturkan, sejalan dengan implementasi otonomi daerah, khususnya mengenai pengelolaan keuangan daerah telah memberikan banyak pengalaman berharga bagi kita semua. Berbagai persepsi telah berkembang di masyarakat dengan berbagai latar belakang dan kepentingan. 


"Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun," ujarnya.


Keseluruhan kendala ini, lanjut dia, menunjukkan sering kurang matangnya tahap perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya.


"Melalui kegiatan ini, kita diingatkan kembali tentang pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat," ujarnya.


Ia menambahkan, pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk bergandeng tangan dan tetap bersatu menuju minahasa yang semakin maju, sesuai tema hari kesaktian pancasila tahun 2023, pancasila pemersatu bangsa menuju indonesia maju. (nes)

×
Berita Terbaru Update