Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Minut Gelar Pelatihan Desain Batik Khas Daerah

Kamis, 19 Oktober 2023 | 22:56 WIB Last Updated 2023-10-20T01:00:31Z


MINUT KOMENTAR-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui TP-PKK, Dinas Perindustrian, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perindustrian, menggelar pelatihan desain batik dengan motif Kabupaten Minut.



Kegiatan yang digelar pada hari Kamis (19/10/2023) di Pendopo JG-Center itu, adalah hasil kolaborasi antara Pemkab Minut, Yanni Handicraft, Wale Batik Minahasa dan (Dekranasda)  Pemprov Sulut.



Pelatihan membatik ini ditujukan untuk pengrajin dari Kabupaten Minahasa Utara dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, skill dalam membatik, dan kedepannya dapat membuka lapangan kerja sehingga dapat membangkitkan sektor perekonomian khususnya di Minahasa Utara, terlebih khusus dalam penjualan oleh-oleh yang dapat di beli oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kabupten Minahasa Utara.


Bupati Joune Ganda mengingatkan pentingnya keseriusan peserta dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, karena akan memberikan manfaat signifikan bagi para desainer batik di Minut. 



Dengan meningkatkan pengetahuan, teknologi, dan SDM, harapannya adalah untuk mengangkat ekonomi masyarakat Minut dan mempromosikan produk kerajinan asli daerah.




Disisi lain Bupati Minut Joune Ganda menyampaikan ucapan terima kasih kepada DEKRANASDA Provinsi Sulawesi Utara yang telah menunjukan perhatiannya terhadap kegiatan tersebut, sambil berharap, melalui kolaborasi tersebut, akan tercipta karya batik yang tak hanya menawan, namun juga memadukan keindahan dengan corak khas Minahasa Utara.



Pelatihan membatik itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, skill dalam membatik dan kedepannya dapat membuka lapangan kerja sehingga tentunya dapat membangkitkan sektor perekonomian khususnya di Minahasa Utara, terlebih khusus dalam penjualan oleh-oleh yang dapat di beli oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Minahasa Utara.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Perekonomian Minut Alan Mingkid,   Dekranasda Provinsi, Merry Karauwan (sebagai koordinator Bidang usaha baru/ kreatif), Ketua Dekranasda Minut, Rizya Ganda Davega hadir, narasumber Yannie (yanni handicraft) dan Veldy Umbas (wale batik minahasa), para Kepala Dinas, para Camat dan pejabat terkait lainnya.



Dewi Wenas


×
Berita Terbaru Update