Notification

×

Iklan

Iklan

Kunker di 3 Kecamatan, Pj Bupati Minahasa Jemmy Kumendong Sebut Jangan Malu Gunakan Bahasa Daerah

Jumat, 20 Oktober 2023 | 21:40 WIB Last Updated 2023-10-20T15:28:15Z


MINAHASA KOMENTAR -
Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi didampingi Ketua Tim PKK kabupaten Minahasa, Ny. Djeneke Kumendong-Onibala SH. MSA, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Kombi, Lembean Timur dan Eris, Jumat (20/10/2023).



Kegiatan yang berlangsung di Ranowangko Beach, diawali dengan laporan soal situasi dan kondisi terkait pajak dan letak geografis serta kebutuhan alokasi bidang pendidikan dan kesehatan dari Camat Lembean Timur James Limpele, Camat Kombi Misye Kumontoy, Camat Eris Hendrik Lombogia.


Bupati Jemmy Kumendong dalam arahannya menegaskan pihaknya memiliki target-target tertentu untuk tujuan pencapaian, baik target pajak, juga penanganan pencegahan stunting yang harus diprioritaskan.


"Jangan hanya beli kacang hijau, tapi anggarkan untuk membeli susu, kiranya ini menjadi perhatian, dan pengelolaan dana desa disesuaikan dengan mekanisme yang ada," ia berpesan.


Selanjutnya dia mengatakan, saat ini di Sulawesi Utara ada 9 kepala desa yang terjerat hukum. 


"Saya ingatkan, bekerjalah sesuai dengan undang-undang yang berlaku," ujarnya.


Terkait sejumlah agenda Kabupaten Minahasa, diantaranya perayaan Ulang Tahun  Minahasa pada awal November mendatang akan diselenggaraka berbagai lomba terkait kearifan lokal daerah. 


Khusus bahasa daerah, lanjut dia, itu adalah identitas diri. Jadi jangan malu gunakan bahasa daerah.


"Saya khawatir penggunaan bahasa daerah dalam 20-30 tahun kedepan akan semakin sedikit. Maka dari itu, Hukum Tua silahkan gunakan bahasa daerah dalam sambutan-sambutan. Mari kita budayakan berbahasa daerah," katanya.


Ia juga mengimbau para guru agar mendorong murid-murid untuk menggunakan bahasa daerah. 


Selain itu, ia juga meminta aparat pemerintah dan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024 mendatang, termasuk iven internasional sky air di Danau Tondano. 


Turut hadir: Asisten Satu Riviva Maringka, Staf Ahli J Tendean, Kadis Dikda Tommy Wuwungan, Ka Bapenda Jefri Tangkulung, Kadis Pangan Teddy Sumual, Kasat Pol PP A Mamesah, Kadis Sosial Maya Rambitan, Kabag Prokopim Recky Laloan. (nes)

×
Berita Terbaru Update